Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Pdf Secara Online dan Offline


Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Pdf Secara Online dan Offline - Pada kepentingan tertentu, mengecilkan ukuran file pdf sangat diperlukan. Misalnya untuk melengkapi persyaratan pekerjaan atau kepegawaian diharuskan mengirim/mengupload dokumen file dengan ukuran yang dibatasi. Sebagai contoh untuk melengkapi berkas kepegawaian diwajibkan semua pegawai/karyawan harus mengirimkan/mengupload dokumen (KTP, KK, dll) dalam format pdf dengan ukuran maksimal 500 kb (kilo byte).

Apabila file pdf dari KTP atau KK yang kita miliki berukuran lebih dari 500 kb maka mau tidak mau kita harus mengecilkan ukuran file pdf tersebut. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk memperkecil ukuran file PDF baik online maupun offline. 

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan tips cara untuk memperkecil ukuran file pdf dari dokumen yang kita punya. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk mengecilkan ukuran file pdf baik secara online maupun offline.


1. Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online

Sekarang ini banyak situs yang menawarkan dan menyediakan layanan kompres pdf. Dari sekian situs layanan online kompres pdf ini saya rekomendasikan menggunakan smallpdf. Pada situs ini memberikan layanan yang mudah untukdigunakan. Pada smallpdf kita tidak perlu mendaftar terlebih dahulu. Kita cukup mengupload file dpf yang kita punya selanjutnya langsung kompress dan download hasilnya. Perlu diingat jika file kita terlalu besar dan jaringan internet tidak begitu bagus maka proses mengunggahnya akan lama. Usahakan jaringan internetnya tetap stabil.

Adapun cara mengecilkan ukuran file pdf melalui situs ini adalah: 
  • Selanjutnya klik Pilih File dari PC (komputer) kita file pdf yang akan kita kompres. Kita bisa juga mengupload dari Google Drive mapun Dropbox
  • Tunggu sampai proses upload selesai 100%, pada tahap ini proses kompres berjalan secara otomatis. 
  • Setelah selesai klik “Unduh File Sekarang“ 
  • Selesai


2. Mengurangi Ukuran File PDF Dengan Microsoft Word

Cara ini dapat digunakan bagi anda yang menggunakan Office 2013 ke atas. Pada MS Word 2013 ke atas terdapat layanan untuk kompress file pdf. Dengan begitu Anda dapat memanfaatkan MS Word 2013 tersebut untuk mengurangi ukuran pdf. Berikut ini langkah-langkanya.
  • Buka MS Word 2013 lalu Pilih FileOpen dan cari file PDF yang akan kita kompres. 
  • Ketika kita membuka file pdf di Office, maka secara otomatis akan diconvert ke word terlebih dahulu. Jika ditampilkan pop up pemberitahuan klik OK untuk melanjutkan. 
  • Setelah dokumen terbuka, Save As file tersebut kembali menjadi PDF dengan cara pilih File – Save As
  • Pilih Save as type : PDF (*.pdf) dan Optimize for : Minimum size (publishing online), kemudian klik Save untuk menyimpannya. 
  • Selesai


3. Menggunakan Aplikasi Software Free PDF Compressor

Cara selanjutnya mengecilkan ukuran file pdf yang lain adalah dengan menggunakan aplikasi/software Free PDF Compressor. Aplikasi kompres file pdf ini sangat mudah digunakan. Langkah-langkah menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut.
  • Pertama download (unduh) dulu aplikasinya dari freepdfcompressor.com.
  • Selanjutnya install di komputer kita. Jika sudah berhasil di install, lalu kita buka/jalankan aplikasinya.
  • Setelah aplikasi terbuka, pilih tombol Browse kemudian cari file PDF yang akan kita kompress. 
  • Pilih tombol Compress dan tunggu sampai selesai.
  • Selesai 

Kompres menggunakan Aplikasi Free PDF Compressor ini ternyata hasilnya tidak mengecewakan. Ini merupakan salah satu aplikasi terbaik dan rekomended untuk digunakan sebagai alat kompres file PDF yang kita punya. Hasil kompresannya juga masih sama dengan file aslinya, baik untuk gambar maupun tulisan/teksnya.

Demikian tiga cara kompres file pdf untuk membuat ukuran byte-nya menjadi kecil yang bisa kami bagikan. Silahkan Anda pilih cara mana yang paling cocok untuk digunakan. Selamat Mencoba...

0 Response to "Cara Mudah Mengecilkan Ukuran File Pdf Secara Online dan Offline"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel