Download Lirik dan Lagu Indonesia Raya 3 (Tiga) Stanza mp3


Beberapa waktu yang lalu Mendikbud Muhadjir meninjau proses rekaman lagu Indonesia Raya Tiga Stanza. di studio Lokananta, Solo. Lagu Indonesia Raya Tiga stanza telah selesai direkam sehingga lagu tersebut siap untuk dipublikasikan ke seluruh rakyat Indonesia. Berkaitan dengan hal ini agar lagu Indonesia Raya Tiga stanza sampai ke sekolah-sekolah madrasah-madrasah baik untuk SD/MI SMP/MTs maupun SMA/MA SMK sejak bulan April Kemendikbud telah menerbitkan surat edaran yang menginstruksikan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di semua sekolah di Indonesia. 


Adapun teknis dan tata cara menyanyikan lagu Indonesia Raya Tiga Stanza, lagu wajib nasional kebangsaan Indonesia tersebut akan dinyanyikan setiap hari di dalam kelas. Setiap hari dan setiap pagi sebelum dimulai proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) lagu wajib nasional tersebut harus dinyanyikan oleh seluruh siswa dan guru di dalam kelas.

Mendikbud Muhadjir menyampaikan bahwa mulai tahun ajaran baru secara pelan-pelan akan diberlakukan tiga stanza, tapi untuk sementara satu stanza dulu. Diwajibkan tiap hari di dalam kelas, bukan di lapangan. Untuk dirigen nanti bergiliran, tidak dimonopoli satu orang, apalagi ketua kelasnya. Tujuannya, begitu tamat sekolah tiap anak sudah hafal lagu Indonesia Raya Tiga Stanza dan juga sudah mempunyai pengalaman untuk memimpin menyanyikan lagu Indonesia Raya. 

Lirik lagu Indonesia Raya Tiga stanza secara lenkap sangat menginsiprasi, sangat menggugah rasa cinta tanah air dan bangsa. Bangsa Indonesia yang subur, bangsa Indonesia yang kaya, bangsa Indonesia yang mempunyai wilayah luas yang terdiri dari pulau-pulau yang sangat indah, tanahnya yang subur merupakan kebanggaan yang perlu disyukuri dengan tetap mempertahan dan mengisi kemerdekaan. 

Dalam lirik lagu Indonesia Raya 3 stanza merupakan satu rangkaian lagu yang tidak dapat dipisahkan satu stanza dengan stanza lainnya. Namun demikian masyarakat Indonesia secara umum tidak begitu tahu dengan Indonesia Raya yang Tiga Stanza ini. Yang berkembang dan polpuler di masyarakat Indonesia secara umum hanyalah lagu Indonesia Raya satu stanza.


Sejarah Cerita di Balik Kembalinya Lagu Indonesia Raya 3 Stanza


Kapan lagu Indonesia Raya 3 Stanza dinyanyikan kembali? Sebenarnya ide untuk menyanyikan lagu tersebut full/lengkap (Lagu Indonesia Raya 3 Stanza) ada sejak peringatan hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober tahun 2016 yang lalu. Hal tersebut diungkapkan Hilmar Farid selaku Direktur Jenderal Kebudayaan seperti yang dikutip dari laman liputan6.com. Pada acara peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2016 tersebut lagu Indonesia Raya 3 stanza full dinyanyikan.

Sebelumnya lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan saat peringatan hari-hari besar nasional ataupun pada upacara-upacara hanya terdiri dari satu stanza saja. Namun pada perkembangannya muncullah ide untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza secara lengkap. Lagu Indonesia Raya stanza kedua dan ketiga ini sangat cocok dan relevan dengan kehidupan sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat akhir-akhir ini.

Sebelumnya lirik lagu Indonesia raya stanza kedua dan ketiga tidak begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya. Namun bertolak dari pemikiran lirik Indonesia Raya Stanza 2 dan 3 ini yang semula tidak dikenal, nyatanya lagu Indonesia Raya Stanza 2 dan 3 ini sangat sejalan dengan apa yang kita hadapi sekarang yaitu tentang keadilan yang bukan hanya keadilan sosial namun juga keadilan ruang juga.

Masyarakat Indonesia saat ini cenderung mengabaikan kehidupan warga yang ada di pelosok-pelosok Indonesia. Kita cenderung mengabaikan apa yang di pelosok-pelosok, yang ada di pinggir-pinggir. Kita lupa bahwasannya pesan dari lagu Indonesia Raya 3 stanza secara lengkap pesannya adalah selamatkan pulaunya, selamatkan lautnya, selamatkan pandunya, dan selamatkan semuanya yang ada di seluruh tanah air Indonesia. Paling tidak itu merupakan bagian yang ada dari lirik Indonesia Raya 3 stanza. Jadi dengan melihat liriknya mempunyai makna dan arti yang begitu penting. Maka dengan keadaan ini Himar selaku Direktur Jenderal Kebudayaan dan kawan-kawan mengambil inisiatif untuk merekam lagu Indonesia Raya 3 stanza secara full.


Bagaimana tata cara pelaksanaan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza?

lagu Indonesia Raya 3 stanza full telah selesai direkam. Mendikbud Muhadjir sendir sudah meninjau proses rekaman lagu Indonesia Raya 3 Stanza tersebut. Baca link selengkapnya tentang berita pada link di bawah ini.

Mendikbud Muhadjir meninjau proses rekaman lagu Indonesia Raya Tiga Stanza. di studio Lokananta, Solo.


Dengan selesainya rekaman yang telah dilakukan Pemerintah, harapannya masyarakat Indonesia dapat ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya Tiga stanza secara penuh, utuh dan lengkap. Rekaman lagu Indonesia Raya dilakukan di Lokananta Solo. Untuk lirik lagu Indonesia Raya 3 Stanza bisa dilihat di situs resmi milik Pemerintah yaitu di website indonesiaraya.id.

Dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza, yang terpenting adalah adanya petunjuk panduan untuk conduct. Hal ini diperlukan agar anak-anak bisa bergantian  menjadi conduct dan bisa memimpin sendiri. Ini juga merupakan bagian dari pendidikan karakter yang membuat anak-anak berani tampil ke depan untuk memimpin.

Hilmar mengungkapkan, saat ini sedang dikumpulkan materi-materi juga bahannya. Dan menurutnya, ini adalah lagu Indonesia Raya yang dimainkan pertama kali oleh orang asli Indonesia. Kita sekarang lagi bikin semacam paket materinya, selanjutnya mengumpulkan bahan-bahan, rekaman sudah selesai. Hal ini merupakan untuk pertama kalinya rekaman yang akan dipakai di sekolah-sekolah itu dibawakan oleh orang Indonesia. Berbeda dengan yang dulu, yang dulu memakai Victoria Harmony Orchestra.

Saat itu anak-anak nusantara pertama kalinya setiap tanggal 17 Agustus main di Istana, mengumpulkan para alumni selanjutnya mereka yang memainkan. Hasilnyapun sudah bagus dan melalui proses editing, final tuning agar bagus. Setelah selesai semua nantinya baru bisa dipublikasikan. Agar publikasi berhasil menjangkau seluruh pelosok Indonesia maka digunakan berbagai macam media baik media cetak maupun media elektronik.

Apalah Anda sudah hafal dengan lirik lagu Indonesia Raya 3 Stanza? Jika belum, untuk menambah rasa bangga dan cinta tanah air kita terhadap tanah air Indonesia maka mari kita sama-sama menghafalkan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 stanza secara full. Lagu ini sangat menarik karena Indonesia Raya 3 stanza mengandung makna mendalam tentang cinta tanah air dan bangsa. 

Berikut ini lirik lagu Indonesia Raya tiga stanza karya W.R Soepratman dan unduh lagunya pada link download di bawah ini.



Stanza I

Stanza II

Stanza III

Lihat dan nyanyikan melalui video Lirik dan Lagu Indonesia Raya 3 Stanza di bawah ini.


 3 Stanza


Bagi Anda yang menginginkan file lagu Indonesia Raya Tiga stanza full berformat mp3, silahkan download pada link unduh di bawah ini.



Demikian informasi seputar lagu wajib nasional Indonesia Raya Tiga Stanza Full, semoga dengan lagu ini bisa menambah kecintaan kita terhadap tanah air Indonesia. Jangan sampai kekayaan negeri yang kita cintai ini jatuh dan diklaim oleh negara lain. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Lirik dan Lagu Indonesia Raya 3 (Tiga) Stanza mp3"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel