Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Selesai Direkam, Mendikbud Wajibkan Sekolah Untuk Menyanyikan Setiap Pagi di dalam Kelas, dan Inilah Liriknya

Selamat datang sahabat 7pelangi.com. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tentang dunia pendidikan kita tercinta. Informasi kali ini adalah tentang lagu Nasional Indonesia yaitu Indonesia Raya. 

Sebelumnya, Mendikbud menginstruksikan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebagai lagu wajib pembuka pelajaran setiap hari di seluruh sekolah Indonesia. Kali ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana memopulerkan lagu kebangsaan Indonesia Raya versi utuh tiga stanza ke semua jenjang pendidikan di Indonesia.

Proses rekaman lagu Indonesia Raya versi utuh tiga Stanza ciptaan W.R. Soepratman telah selesai direkam di perusahaan rekaman musik legendaris Lokananta di Kota Solo, Kamis- Sabtu (18-20/5).


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, ihwal rekaman di Lokananta ini merupakan program dari Direktorat Jenderal Kebudayaan untuk memproduksi master CD lagu-lagu nasional yang dimulai dengan lagu Indonesia Raya tiga stanza.

"Perekaman ini bagian dari pembuatan master CD lagu-lagu nasional yang nantinya jadi panduan di sekolah. Nantinya pengiriman CD diprioritaskan ke wilayah terluar Indonesia," kata Mendikbud Muhadjir saat meninjau proses rekaman di studio Lokananta, kemarin.

Selain rekaman, Kemendikbud juga telah menerbitkan surat edaran untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya di semua sekolah, dari SD, SMP, hingga SMA/SMK sejak April lalu. Teknisnya, lagu kebangsaan itu akan dinyanyikan tiap hari di dalam kelas, sebelum proses kegiatan belajar mengajar dimulai.

"Mulai tahun ajaran baru ini. Jadi secara pelan-pelan kita berlakukan tiga stanza, tapi untuk sementara satu stanza dulu. Diwajibkan tiap hari di dalam kelas, bukan di lapangan. Untuk dirigen nanti bergiliran, tidak dimonopoli satu orang, apalagi ketua kelasnya. Tujuannya, begitu tamat sekolah tiap anak sudah mempunyai pengalaman memimpin Indonesia Raya," ujar Muhadjir.

Menurut dia, Indonesia Raya tiga stanza itu merupakan satu rangkaian lagu yang tidak dapat dipisahkan satu stanza dengan stanza lainnya. Kendati yang populer di masyarakat adalah Indonesia Raya satu stanza.

"Kita upayakan hafal tiga stanza. Karena ini masalah lagu nasional, terutama untuk upacara resmi kita berlakukan tiga stanza. Kalau kita hayati betul, masing-masing stanza merupakan satu rangkaian yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Inilah salah satu sarana ikut ambil bagian memantapkan rasa kebangsaan, cinta tanah air, bela negara, dan pemahaman kepada pancasila," papar Mendikbud.

Jika ingin lirik dan mendownload lagu mp3-nya silahkan klik tautan berikut.
Download Lirik dan Lagu Indonesia Raya 3 (Tiga) Stanza mp3

Demikian informasi terbaru dari dunia pendidikan khususnya tentang lagu wajib nasional Indonesia Raya versi tiga Stanza. Yuk sebarkan biar seluruh rakyat Indonesia tahu dengan lagu baru ini. 

Sumber: https://m.merdeka.com/



0 Response to "Lagu Indonesia Raya Tiga Stanza Selesai Direkam, Mendikbud Wajibkan Sekolah Untuk Menyanyikan Setiap Pagi di dalam Kelas, dan Inilah Liriknya "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel