Juklak Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tahun 2018



PETUNJUK PELAKSANAAN (JUKLAK) OLIMPIADE LITERASI SISWA NASIONAL (OLSN) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) TAHUN 2018

Pada era keterbukaan sekarang ini perlu adanya upaya peningkatkan mutu SDM Indonesia agar mampu bersaing menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara minimal pada jenjang SMP/MTs. Dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan, pemerintah menyelenggarakan berbagai kegiatan. Kegiatan pembelajaran tersebut diantaranya dalam bentuk Lomba, Festival dan Olimpiade.

Kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018 telah disusun pemerintah dengan berbagai kebijakan dan strategi yang kemudian dijabarkan dalam bentuk program dan atau kegiatan. Kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018 dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupatan/kota, provinsi, nasional dan internasional.

Bentuka kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018 di tingkat nasional meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN), Lomba Menulis Esai (LME), dan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP. Sedangkan kegiatan di tingkat internasional seperti International Junior Science Olympiad (IJSO), International Mathematics Competition (IMC), Basel Open Master (BOM),  dan International Research Exhibition.

Pemerintah telah mengeluarkan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tahun 2018. Hal ini bertujuan agar program dan atau kebijakan tersebut dapat mencapai target yang telah ditetapkan baik yang bersifat nasional maupun bersifat internasional.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 yang menjabarkan tentang Penumbuhan Budi Pekerti salah satu poin menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu 15 menit secara berkala untuk pembiasaan membaca sebelum jam pelajaran dimulai. Pembiasaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya menumbuhkan budi pekerti peserta didik melalui gerakan literasi sekolah.

Sebagai upaya memberikan ruang untuk mengembangkan kreativitas dan potensi siswa SMP di bidang bahasa, seni, sastra, dan budaya melalui aktivitas literasi, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) Tahun 2018. OLSN dibangun untuk menjadi ajang pembelajaran terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olah rasa.

Adapun diselenggarakan Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP/MTs mempunyai tujuan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menumbuhkan kemampuan literasi peserta lomba terutama di bidang lomba OLSN;
  2. Memotivasi sekolah agar berperan aktif memfasilitasi siswa guna meningkatkan prestasi belajar pada bidang bahasa, seni, budaya dan sastra;
  3. Menggali kemampuan literasi pada bidang cipta cerpen berbahasa Indonesia, debat berbahasa Indonesia, kreativitas cerita berbahasa Inggris (story telling), dan cipta puisi;
  4. Membina dan memacu kreativitas peserta sebagai sarana promosi bakat dan minat peserta; dan
  5. Mengembangkan sikap kompetitif dalam diri siswa yang berwawasan global.


Berikut ini adalah daftar isi dari Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tahun 2018 yang bisa dijadikan sebagai referensi.


DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Dasar Hukum
C. Tujuan
D. Sasaran Kegiatan
E. Pengertian Olimpiade Literasi Siswa Nasional
F. Tema Olimpiade Literasi Siswa Nasional
G. Cabang Yang Dilombakan
H. Hasil Yang Diharapkan
J. Penyelenggaraan Seleksi

BAB II MEKANISME PENYELENGGARAAN
A. Persyaratan Peserta
B. Ketentuan Lomba
C. Pengiriman Naskah
D. Kriteria Juri
E. Hadiah dan Penghargaan Pemenang
F. Layanan Informasi
G. Pembiayaan

BAB III PELAKSANAAN SETIAP CABANG LOMBA
Lomba Cipta Cerpen Berbahasa Indonesia
Lomba Debat Berbahasa Indonesia
Lomba Kreativitas Cerita Berbahasa Inggris (Story Telling)
Lomba Cipta Puisi

BAB IV PENUTUP

Lebih lengkapnya silahkan download Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tahun 2018 pada link di bawah ini.

0 Response to "Juklak Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN) SMP Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel