Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Agar WhatsApp Tidak Dibajak Orang



Sekarang ini sedang marak screenshoot percakapan online WhatsApp seseorang yang diunggah di media massa. Bahkan dengan menunjukkan screenshoot chat atau pesan tersebut kemudian digunakan seseorang untuk menjerat kasus hukum. Ngerri kan? Padahal chat atau pesan itu bersifat pribadi, lalu kenapa orang lain bisa tahu percakapan chat seseorang?

Kita tentu tidak ingin pesan kita terbaca orang lain. Apalagi sampai disalahgunakan seseorang. Karena kita yakini bahwa chat atau pesan kita kepada seseorang itu bersifat pribadi bukan untuk dikonsumsi publik. Jangan sampai nomor WhatsApp kita dipakai dan dibajak orang lain.

Nah, agar pesan Whatsapp kamu tidak dibajak orang lain, silahkan lakukan hal-hal pencegahan di bawah ini.

1. Hapus media dalam Whatsapp

Ini adalah hal yang paling mendasar. Setelah melakukan percakapan di Whatsapp yang dianggap bersifat rahasia, sebaiknya pesan tersebut langsung dihapus saja. Begitupun dengan foto. Foto yang kamu kirim ke lawan chat bisa kamu hapus dengan cara membuka profil lawan chat kamu. Lalu buka media, link atau dokumen selanjutnya hapus gambar.

2. Perhatikan privacy

Buka setting pada Whatsapp dan ubah siapa saja yang bisa melihat akun kamu. Pilih kontak.

3. Buat password lebih dari 10 karakter

Untuk melindungi semua akun sosial media. Kamu harus menggunakan password yang rumit. Padukan antara huruf dan angka, serta selipkan beberapa huruf kapital. Ini juga berlaku pada paswword handphone.

3. Jangan gunakan nama dan tanggal lahir

Banyak orang yang menggunakan nama dan tanggal lahirnya sebagai kunci password. Hal ini akan mudah ditebak.

4. Bersihkan cache browser

Ingat, seorang hacker bisa saja menyusup ke dalam akun-akun online kamu dengan memanfaatkan sistem cache dari browser kamu.

5. Jangan asal konek hotspot

Terhubung dengan hotspot membuat kita bisa berhemat paket data. Namun, perlu diingat tidak semua hotspot itu aman. Malah hotspot bebas itu biasanya menjadi ajang coba-coba para hacker untuk mendapatkan informasi dari para setiap user yang terhubung. Lebih baik pakai data pribadi saja daripada menggunakan hotspot yang tidak kita yakini keamanannya.

Demikian cara-cara mencegah agar WhatsApp kita tidak dibajak seseorang yang tidak bertanggung jawab. 

Share informasi ini biar orang lain juga tahu dan terhindar dari pembajakan.