Download Buku Aplikasi Hasil Ujian Nasional UNBK UNKP SMP SMA SMK Tahun 2018 dari Kemdikbud


Pemerintah melalui Puspendik Balitbang Kemdikbud pada bulan Agustus tahun 2018 telah mengeluarkan Buku “Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan”. Buku ini disusun untuk melengkapi Aplikasi Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional.

Dengan adanya panduan ini diharapkan hasil UN dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh para pengambil kebijakan, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun satuan pendidikan. Terdapat lima bagian pokok dalam buku panduan ini meliputi pendahuluan, manual pengoperasian aplikasi, data hasil UN, pemanfaatan data untuk perbaikan mutu pendidikan, dan penutup. Pada bagian pemanfaatan data untuk perbaikan mutu pendidikan, diuraikan contoh pemanfaatan dan penjelasannya untuk memudahkan pihak-pihak yang memiliki kepentingan dalam menggunakan data hasil UN.

Sebagaimana dinyatakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan selanjutnya telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, hasil Ujian Nasional (UN) antara lain dapat digunakan sebagai salah satu bahan pertimbangan untuk pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. 

Hal ini dimungkinkan karena hasil UN dapat digunakan untuk memberikan gambaran peta mutu pendidikan pada tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, dan sekolah. Secara khusus, capaian pada setiap mata pelajaran yang diujikan dalam UN dapat diketahui sehingga perbaikan proses pembelajaran dapat dilakukan secara spesifik berdasarkan analisis cakupan materi dan indikator di tingkat sekolah.

Daftar isi dari Buku “Panduan Pemanfaatan Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018 untuk Perbaikan dan Peningkatan Mutu Pendidikan” adalah sebagai berikut.

A. PENDAHULUAN 

B. MANUAL PENGOPERASIAN APLIKASI
     1. Statistik 
     2. Daftar 
     3. Daya Serap       
     4. Grafik                     

C. DATA HASIL UJIAN NASIONAL 
     1. Statistik Deskriptif 
     2. Daftar 
     3. Daya Serap     
     4. Grafik            

D. PEMANFAATAN DATA UNTUK PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN
     1. Statistik 
     2. Daftar 
     3. Daya Serap         
     4. Grafik               

E. PENUTUP


Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka memacu peningkatan mutu pendidikan. UN selain berfungsi untuk mengukur dan menilai  pencapaian kompetensi lulusan dalam mata pelajaran tertentu, serta pemetaan mutu pendidikan pada tingkat pendidikan dasar dan menengah, juga berfungsi sebagai motivator bagi pihak-pihak terkait untuk bekerja lebih baik guna mencapai hasil ujian yang baik. Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya UN, siswa terdorong untuk belajar lebih baik dan guru terdorong untuk mengajar lebih baik pula.
Berdasarkan hasil UN, kemampuan sekolah diklasifikasikan ke dalam empat kategori, yaitu:
A
Sangat Baik
    Nilai UN lebih dari 85,00 dan kurang dari atau sama dengan 100
B
Baik
    Nilai UN lebih dari 70,00 dan kurang dari atau sama dengan 85,00
C
Cukup
    Nilai UN lebih dari 55,00 dan kurang dari atau sama dengan 70,00
D
Kurang
    Nilai UN kurang dari atau sama dengan 55,00

Selain informasi kategori sekolah, informasi tentang peta hasil UN dapat digunakan sebagai umpan balik bagi semua pihak terkait dalam rangka memperbaiki kinerjanya masing-masing. Oleh karena itu, peta hasil UN merupakan bahan informasi yang perlu dikaji secara mendalam oleh semua pihak dalam rangka memperbaiki pembelajaran dan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Naskah panduan ini diharapkan dapat membantu pihak-pihak yang berkepentingan dalam mengoperasikan aplikasi/software yang berisi data UN. Selanjutnya, data hasil UN dapat dimanfaatkan secara maksimal baik seperti yang tertuang dalam panduan ini maupun dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai kebutuhan. Upaya perbaikan ini dapat dilakukan, sesuai dengan tugas dan peran masing-masing.


MANUAL PENGOPERASIAN APLIKASI

Aplikasi ini merupakan media atau software yang memuat data hasil UN SMP/MTs/SMPT, SMA/MA, dan SMK. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi mengenai statistik, daftar, daya serap, dan grafik hasil nilai UN tahun 2017/2018.
Spesifikasi minimal yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini adalah:
·      Prosesor Pentium IV atau setara
·      512 MB RAM
·      Sistem operasi minimal Windows XP
·      Kapasitas Harddisk (free space) minimal 5 GB
·      Ukuran layar minimal 12”
Berikut adalah cara pengoperasiannya:
·      Buatlah folder baru di local drive atau harddisk PC dengan nama “Hasil UN 2018”
·      Salin semua file dan folder yang terdapat di dalam aplikasi ”Panduan Pemanfaatan Hasil UN Tahun Pelajaran 2017/2018” ke dalam folder ”Hasil UN 2018” tersebut.
·      Jalankan file PAMER18.EXE” dengan menggunakan ’Windows Explorer’.


Lebih lengkap dan lebih jelasnya silahkan download Buku Aplikasi/Software Hasil Ujian Nasional UNBK UNKP SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK Tahun Pelajaran 2017/2018 silahkan unduh pada link download di bawah ini.

0 Response to "Download Buku Aplikasi Hasil Ujian Nasional UNBK UNKP SMP SMA SMK Tahun 2018 dari Kemdikbud"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel