Pendaftaran Online Resmi CPNS/ CASN Tahun 2018/2019 Melalui setkab.go.id



Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan bahwa jadwal penerimaan dan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2018 secara resmi akan segera diumumkan secara terbuka kepada masyarakat.

Dilansir dari web resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia yaitu di setkab.go.id, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian (Sinka) BKN Iwan Hermanto mengemukakan, untuk mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terpusat atau terintegrasi.

Menurut Deputi bidang Sinka BKN itu, berbeda dengan proses seleksi sebelumnya, mulai seleksi CPNS tahun 2018 ini seluruh pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) yang akan diselenggarakan BKN selaku Pelaksana Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

“Dengan perubahan mekanisme ini seluruh proses seleksi CPNS dipastikan sesuai ekspektasi publik,” kata Iwan saat menjadi Keynote Speaker dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2018, di Gedung Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Banten, Rabu (11/7) pagi.

Selain perubahan dari proses seleksi, lanjut Iwan, pendaftaran CPNS akan dilakukan terintegrasi melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id , dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi.

Info lebih lanjut dapat dilihat di Portal BKN yaitu www.bkn.go.id

Sesuai dengan pernyataan dari bkn.go.id bahwa dalam rangka mewujudkan Pegawai Negeri Sipil yang profesional, berkualitas, dan bertanggung jawab, diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang kompeten melalui sistem pengadaan yang transparan dan akuntabel serta bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Untuk mewujudkan hal tersebut maka pemerintah melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran (registration) online. Sistem pendaftaran CPNS online ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.

Klik Di Sini Untuk Menuju Portal SSCN-BKN


Prioritas Penerimaan CPNS Tahun 2018 adalah Guru dan Tenaga Kesehatan. Badan Kepegawaian Negara ( BKN) mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian 2018, Rabu (11/7/2018). Salah satu yang dibahas dalam Rakornas Kepegawaian ini tentang formasi CPNS 2018.

Disebutkan, ada sekitar 100.000 formasi bagi tenaga pendidik pada penerimaan CPNS 2018. Hal ini disampaikan BKN melalui akun resmi Twitter-nya, @BKNgoid.

"Ada sekitar 100.000 formasi bagi tenaga pendidik pada penerimaan CPNS 2018, formasi bagi CPNS pusat dan daerah dan pelaksanaan seluruhnya akan dilakukan oleh BKN secara terintegrasi, portal pendaftaran nasional dan seleksi by CAT BKN," demikian twit BKN.

Dalam waktu dekat, jumlah detail jadwal pendaftaran dan formasi CPNS 2018 akan diumumkan. Selain itu, akan ada penambahan formasi khusus untuk tenaga pendidik dan kesehatan.

Dalam video yang diunggah akun BKN tersebut, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, prioritas penerimaan CPNS adalah bidang kesehatan dan pendidikan. Selain itu, ada beberapa formasi khusus, antara lain dispora, cum laude, putra/putri Papua, dan disabilitas.

*Pelaksanaan tes pelamar umum tidak dipungut biaya apapun dari mulai pendaftaran online, verifikasi berkas, pelaksanaan ujian hingga pengumuman kelulusan.

0 Response to "Pendaftaran Online Resmi CPNS/ CASN Tahun 2018/2019 Melalui setkab.go.id"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel