Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kumpulan Lengkap Lirik dan Lagu Wajib Nasional Indonesia



Cinta tanah air dan bangsa adalah denyut nadi setiap warga negara Indonesia. Kita bersyukur bahwa kita dikaruniai oleh Allah berupa negara yang begitu kaya, begitu mempesona. Tanahnya yang subur, kekayaan alam yang melimpah ruah. 

Kemerdekaan telah kita raih semenjak 17 Agustus 1945. Sekarang saatnya kita mengisi kemerdekaan tersebut dengan memajukan bangsa dan negara Republik Indonesia tercinta. Mengisi dan melestarikan kemerdekaan bangsa beragam jenisnya. 

Para pahlawan bangsa yang sudah berjuang merebut kemerdekaan sampai titik darah penghabisan akan tetap kita kenang sebagai pahlawan bangsa. Jasa-jasa mereka begitu besar terhadap bangsa Indonesia tercinta ini. Banyak juga para pendahulu kita yang menciptakan lagu-lagu perjuangan. Lagu-lagu yang diciptakan untuk membangkitkan semangat para pejuang pada masa itu.

Sampai sekarang lagu-lagu tersebut masih terkenang dan tersimpan rapi dalam sejarah kemerdekaan Indonesia. Lagu-lagu yang diciptakan pada masa itu banyak sekali ragamnya. Untuk mengenang dan melestarikan lagu-lagu wajib nasional agar terus sampai pada generasi muda Indonesia, maka diajarkanlah lagu-lagu tersebut melalui sekolah-sekolah madrasah-madrasah oleh para guru kepada siswanya. Betapa besar jasa para pahlawan demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Lalu kenapa lagu-lagu perjuangan atau lagu-lagu wajib nasional harus diajarkan di sekolah-sekolah? Apa manfaatnya? Manfaat dan tujuan dengan mempelajari dan mengetahui lagu-lagu wajib nasional diantaranya adalah dapat:
  • Menanamkan dan menumbuhkan rasa cinta tanah air. 
  • Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. 
  • Mereduksi sifat-sifat kedaerahan bangsa. 
  • Menumbuhkan sifat rela berkorban baik jiwa maupun raga dan harta demi bangsa dan negaranya. 
  • Menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur membela dan mempertahankan bangsa Indonesia. 
  • Menumbuhkan semangat perjuangan Indonesia untuk tetap menyala dalam sanubari generasi muda penerus bangsa 

Berikut ini adalah daftar lengkap full album lirik dan lagu-lagu perjuangan, lagu-lagu wajib nasional Indonesia yang bisa anda download.


A - D

E - H

I - L
M - P

Q - Z

Demikian kumpulan lagu-lagu perjuangan Indonesia, lagu-lagu wajib Nasional Indonesia yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.