Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Matematika Kelas 12 (XII) SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru



Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) secara resmi telah merilis buku Matematika Kelas 12 (XII) SMA/ MA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru. Buku ini merupakan revisi yang pertama sejak pertama kali diterbitkan tahun 2014. Buku ini dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi pelaksanaan Kurikulum 2013. Buku Matematika Kelas 12 (XII) SMA/ MA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013.

Namun buku ini senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Demi peningkatan kualitas buku, Pemerintah mengharapkan masukan dari berbagai pihak yang dapat dialamatkan kepada penulis buku dan wesite resmi pemerintah di http://buku.kemdikbud.go.id atau bisa juga melalui email buku@kemdikbud.go.id.

Tim Penulis Buku Matematika Kelas 12 (XII) SMA/ MA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013 Cetakan ke-2 Edisi Revisi 2018 diantaranya adalah Abdur Rahman As’ari, Tjang Daniel Chandra, Ipung Yuwono, Lathiful Anwar, Syaiful Hamzah Nasution, Dahliatul Hasanah, Makbul Muksar, Vita Kusuma Sari, dan Nur Atikah. Penyelia Penerbitan: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Bagi yang ingin mendownload buku Matematika Kelas 12 (XII) SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 bisa langsung mengunjungi situs resmi milik Pemerintah (Kemdikbud) yaitu di http://buku.kemdikbud.go.id atau bisa juga didownload melalui blog ini yang ada pada akhir artikel ini.

Buku Matematika Kelas XII SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 ini disusun dengan tujuan memberikan pengalaman konkret-abstrak kepada siswa. Pembelajaran matematika melalui buku ini akan membentuk kemampuan siswa dalam menyajikan gagasan dan pengetahuan konkret secara abstrak, menyelesaikan permasalahan abstrak yang terkait, serta berlatih berpikir rasional, kritis dan kreatif.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan, kemampuan matematika yang dituntut dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan yaitu dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu permasalahan secara matematis dan menyelesaikannya, dan bermuara pada pembentukan sikap jujur, kritis, kreatif, teliti, dan taat aturan.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Dan berikut ini adalah isi materi dari buku Matematika Kelas 12 (XII) SMA/ MA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru.


BAB 1 Dimensi Tiga

A. Kompetensi Dasar dan Pengalaman Belajar
B. Diagram Alur Konsep
C. Materi Pembelajaran
     Subbab 1.1 Jarak Antar titik 
     Subbab 1.2 Jarak Titik ke Garis
     Subbab 1.3 Jarak Titik ke Bidang
Uji Kompetensi


BAB 2 Statistika 

A. Kompetensi Dasar dan Pengalaman Belajar
B. Diagram Alur Konsep
C. Materi Pembelajaran

     Subbab 2.1 Penyajian Data 
  • Kegiatan 2.1.1 Distribusi Frekuensi 
  • Kegiatan 2.1.2 Histogram, Poligon Frekuensi, dan Ogive
    Subbab 2.2 Ukuran Pemusatan dan Penyebaran Data Berkelompok
  • Kegiatan 2.2.1 Ukuran Pemusatan Data Berkelompok
  • Kegiatan 2.2.2 Ukuran Penyebaran Data Berkelompok 
Uji Kompetensi


BAB 3 Peluang

A. Kompetensi Dasar dan Pengalaman Belajar
B. Diagram Alur Konsep
C. Materi Pembelajaran

Subbab 3.1 Aturan Pencacahan, Permutasi, dan Kombinasi 
  • Kegiatan 3.1.1 Aturan Penjumlahan dan Perkalian 
  • Kegiatan 3.1.2 Penyusunan dan Pengambilan
  • Kegiatan 3.1.3 Menentukan Rumus Permutasi dan Penerapanya 
  • Kegiatan 3.1.4 Menentukan Rumus Kombinasi dan Penerapannya 
  • Kegiatan 3.1.5 Menentukan Rumus Permutasi dengan Beberapa Unsur Sama dan Penerapannya 
  • Kegiatan 3.1.6 Menentukan Rumus Permutasi Siklis dan Penerapannya

Subbab 3.2 Kejadian Majemuk, Peluang Saling Lepas, Peluang Saling Bebas, dan Peluang Bersyarat
  • Kegiatan 3.2.1 Kejadian Majemuk
  • Kegiatan 3.2.2 Peluang Saling Lepas 
  • Kegiatan 3.2.3 Peluang Saling Bebas
  • Kegiatan 3.2.4 Peluang Bersyarat 
Uji Kompetensi


BAB 4 Kekongruenan dan Kesebangunan (Pengayaan)

A. Kompetensi Dasar dan Pengalaman Belajar
B. Diagram Alur Konsep
C. Materi Pembelajaran

     Subbab 4.1 Kekongruenan
  • Kegiatan 4.1.1: Menentukan Pasangan-Pasangan Sisi dan Sudut yang Bersesuaian atau Berkorespondensi dari Dua Segibanyak
  • Kegiatan 4.1.2: Kekongruenan Dua Segibanyak
  • Kegiatan 4.1.3: Menentukan Kekongruenan Dua Segitiga 
  • Kegiatan 4.1.4: Alur Berpikir dalam Pembuktian Deduktif 
  • Kegiatan 4.1.5: Menentukan Kekongruenan Bangun Datar dengan Bangun Datar Hasil Transformasi (Rotasi, Pergeseran, Dilatasi/Perbesaran, Pencerminan)

     Subbab 4.2 Kesebangunan
  • Kegiatan 4.2.1: Mengidentifikasi Kesebangunan Dua Bangun datar
  • Kegiatan 4.2.2: Mengidentifikasi Segitiga-Segitiga yang Sebangun
  • Kegiatan 4.2.3: Menentukan Kesebangunan Bangun Fatar dengan Bangun Datar Hasil Transformasi (Rotasi, Pergeseran, Dilatasi/Perbesaran, Pencerminan) 
  • Kegiatan 4.2.4: Menentukan Ukuran Unsur-Unsur Segitiga yang Bersesuaian dari Dua Segitiga yang Sebangun 
Uji Kompetensi

Selengkapnya tentang isi materi dari buku Matematika Kelas 12 (XII) SMA/MA/SMK/MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018, silahkan download bukunya melalui tautan di bawah ini.

Download Lengkap Buku Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru Kelas 3 SD 6 SD 9 SMP dan 12 SMA

Demikian informasi isi materi dari Buku Matematika Kelas 12 (XII) SMA/ MA/ SMK/ MAK Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru. Semoga bermanfaat.