Download Soal dan Pembahasan UN UNBK Matematika SMP Tahun 2018



Download Soal, Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Matematika SMP/MTs tahun 2018.

Ujian Nasional (UN) SMP/MTs secara umum diselenggarakan sebagai alat ukur dalam  pencapaian kompetensi lulusan peserta didik sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan SKL yang telah ditentukan. hasil dari UN juga dapat digunakan untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar peserta didik pada tingkat satuan pendidikan (sekolah/madrasah). Maka perlu adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya, kredibel, dapat diterima, dan dapat dipertanggungjawabkan  untuk mewujudkan suatu pendidikan yang berkualitas.

Pedoman dari pelaksanaan dan penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) SMP/MTs Tahun 2018 mengacu pada Permendikbud RI nomor 3 Tahun 2017. Permendikbud tersebut berisikan tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan (sekolah/madrasah masing-masing) dan juga Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah. Pada penerapannya, pelaksanaan ujian nasional SMP/MTs tahun 2018 mengacu kepada Peraturan BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) Nomor: 0044/P/BSNP/XI/2017 tentang POS (Prosedur Operasional Standar) Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/ 2018.

Terdapat perubahan antara penyelenggaraan UN tahun pelajaran 2016/2017 dan tahun pelajaran 2017/2018. Perubahan tersebut diantaranya adalah perluasan jangkauan pelaksanaan yang berbasisikan komputer atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), perubahan peran LPMP, dan sanksi dan pelanggaran pada pelaksanaan ujian nasional SMP/MTs tahun 2018.

Dalam pelaksanaan UN SMP/MTs tahun 2018, pemerintah sudah menyusun Buku Saku yang berisikan tanya jawab seputar UN tahun 2018. Buku saku ini tidak hanya untuk SMP/MTs namun juga untuk jenjang SMA/MA.Buku tersebut disusun olehBSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan dan Badan Penelitian dan Balitbang Kemdikbud (Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Adapun tujuan disusunnya buku panduan UN ini untuk memberikan informasi yang jelas dan ringkas tentang pelaksanaan Ujian Nasinal SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018.

Harapannya dengan kehadiran buku saku UN 2018 dapat membantu upaya sosialisasi kebijakan Ujian Nasional tahun 2018 untuk mencapai sasaran dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan Ujian Nasional sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.

Apa Tujuan dan Manfaat UN?
Ujian Nasional (UN) secara umum bertujuan untuk mengukur secara nasional tingkat ketercapaian kompetensi lulusan peserta didik pada mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu Ujian Nasional (UN) SMP/MTs SMA/MA digunakan sebagai tolak ukur pencapaian SNP (Standar Nasional Pendidikan) dalam rangka penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan secara nasional.

Lalu apa manfaat dari hasil UN?
Hasil UN digunakan sebagai pemetaan mutu program pendidikan dan/atau satuan pendidikan. Hasil UN selanjutnya juga dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya. Perlu diingat mulai tahun 2017, penerimaan peserta didik baru (PPDB) sudah menerapkan sistem zonasi, dengan demikian maka hasil UN tidak lagi mutlak sebagai syarat dalam seleksi masuk ke jenjang yan lebih tinggi.  Dan tujuan UN yang terakhir digunakan sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada sekolah/madrasah dalam rangka pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.

Apakah manfaat UN bagi Pemerintah Daerah?
Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dapat memanfaatkan hasil dari Ujian Nasional (UN) untuk dapat melakukan perencanaan dan membuat program pembinaan kepada sekolah/madarasah dalam rangka peningkatan kualitas lulusan yang unggul, berdaya saing tinggi baik secara lokal, nasional, maupun internasional.

Ujian Nasional tingkat SMP/MTs tahun 2018 telah selesai dilaksanakan. Ada dua metode yang diterapkan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2018 yaitu UNBK dan UNKP. UNBK adalah tes ujian nasional yang berbasis komputer sedangkan UNKP adalah tes ujian nasional yang berbasis kertas dan pensil. Namun essensi materi dan soal-soal yang keluar di UNBK maupun UNKP tidaklah jauh berbeda.

Pada kesempatan kali ini kami ingin berbagi informasi tentang soal dan pembahasan khususnya soal-soal ujian nasional untuk mata pelajaran matematika SMP tahun 2018. Soal dan pembahasan UN Matematika SMP/MTs tahun 2018 dapat dijadikan sebagai referensi dan modal untuk menghadapi UN matematika SMP tahun 2019.

Kisi-kisi UN Matematika SMP
Sebelum UN dilaksanakan, pemerintah dalam hal ini adalah BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) telah mengeluarak Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs. Hal ini dilakukan dalam rangka persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN). Kisi-kisi UN SMP/MTs digunakan sebagai acuan dalam pembuatan soal-soal UN.

Kisi-kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) selanjutnya dipakai sebagai acuan untuk mengembangkan dan merakit naskah soal USBN. Penyusunan butir soal berdasarkan pada kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi (SI), dan kurikulum yang berlaku.


Berikut Kisi-kisi UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2017/2018

Level Kognitif 
Terdiri dari aspel pengetahuan dan pemahaman dan aspek Aplikasi:
Pengetahuan dan Pemahaman
 Mendeskripsikan
 Membuat tabulasi
 Menghitung
 Memprediksi
 Menentukan
 Mengklasifikasi

Aplikasi
 Mengkonstruksi
 Menyelesaikan masalah

Lingkup Materi
Bilangan:
Peserta didik dapat memahami pengetahuan
tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan
- operasi bilangan berpangkat
- bilangan bentuk akar
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret

Aljabar:
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier dua variabel

Geometri dan Pengukuran:
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
- garis dan sudut
- segiempat dan segitiga
- teorema Pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan kekongruenan
- bangun ruang sisi lengkung

Statistika dan Peluang:
Peserta didik dapat memahami pengetahuan tentang:
- menyajikan dan mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis atau lingkaran
- ukuran pemusatan data
- peluang


Berikut ini kami share soal dan pembahasan UN Mapel Matematika SMP/MTs tahun 2018 dari berbagai sumber yang jelas, dapat dipercaya dan ahli dalam bidangnya. Diantaranya adalah dari blog pak Anang yang merupakan pakar matematika. Untuk naskah asli soal UN Matematika SMP 2018 bersumber dari m4th-lab.net.

Pak Anang memberikan pembahasan soal UN Matematika SMP 2018 dengan menggunakan cara cepat, dan diberikan metode TRIK SUPERKILAT, SMART SOLUTION dan LOGIKA PRAKTIS dalam menyelesaikan soal-soal UN matematika. Dengan modal soal dan pembahasan UN matematika tahun 2018 ini adik-adik siswa kelas 9 (IX) SMP/MTs yang akan menghadapi Soal-soal UN SMP Tahun 2019 mudah-mudahan semakin siap. Baik siap secara mental maupun material.

Bagi yang membutuhkan silahkan langsung saja unduh Pembahasan Soal-soal UN Matematika SMP Tahun 2018 pada link Download di bawah ini.


Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun 2018 (Paket 1)
Download P1
Download 2
PEMBAHASAN UN MTK SMP 2018 PAKET 1 

Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun 2018 (Paket 2)
DOWNLOAD

Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun 2018 (Paket 3)
DOWNLOAD

Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun 2018 (Paket 4)
DOWNLOAD


Untuk pembahasan UN Matematika SMP Paket 2 dan seterusnya akan kami update selanjutnya. Demikian informasi tentang soal dan pembahasan UN matematika SMP 2018 yang bisa kami bagikan.

Coba Simulasi/ Try Out Online UN/UNBK Matematika SMP/MTs Tahun 2019 di bawah ini.

1 Response to "Download Soal dan Pembahasan UN UNBK Matematika SMP Tahun 2018 "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel