Download Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2016/2017


Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs Tahun Palajaran 2016/2017 dilaksanakan pada bulan Mei tahun 2017. Pada pelaksanaannya terdapat dua model, yaitu Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) serta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Keduanya sebenarnya sama saja jika dilihat dari tujuannya yaitu mengukur tingkat kemampuan dan daya serap siswa dalam menyerap materi pembelajaran pada tingkat satuan pendidikan.

Bagi sekolah yang sudah siap baik secara sarana dan prasarana yang memenuhi standar dalam menggunakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) maka sekolah tersebut dapat melaksanakan UNBK mandiri. Artinya sekolah tersebut tidak harus mengikuti UNBK di sekolah lain yang sudah menyelenggarakan UNBK mandiri. Tapi bagi sekolah atau madrasah yang belum siap secara sarana dan prasarana dalam menunjang pelaksanaan UNBK maka sekolah atau madrasah tersebut harus mengikuti ujian UNBK pada sekolah atau madrasah yang sudah dapat menyelenggarakan UNBK mandiri.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi jika sekolah atau madrasah ingin dapat melaksanakan UNBK mandiri. Diantaranya adalah sekolah atau madrasah menyediakan sarana komputer dengan spesifikasi standar minimal yang telah ditentukan oleh pemerintah yaitu mengenai server dan client. Selanjutnya jumlah server memiliki rasio 1:40 artinya satu server maksimal untuk 40 client. Sedangkan untuk client mengikuti rasio 1:3 artinya satu client untuk 3 peserta. Serta yang terakhir tentang Jaringan area lokal (Local Area Network - LAN) yang memadai. Lebih lengkap tentang persyaratan ini bisa dilihat di web resmi pemerintah yaitu di https://unbk.kemdikbud.go.id/persyaratan.

Kembali ke topik awal yaitu tentang soal dan pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2016/2017. Matematika sering dianggap momok yang menakutkan bagi sebagian siswa. Tapi bagi sebagain siswa yang lainnya justru matematika merupakan pelajaran yang menyenangkan. Memang kemampuan setiap siswa berbeda-beda. Ada yang jago pada mata pelajaran matematika, setiap ada soal matematika selalu dapat diselesaikan dengan benar. Bahkan siswa tersebut dapat mengerjakan dengan cepat dan bahkan mungkin gurunya juga kalah. Namun ada juga siswa yang lemah pada pelajaran matematika. Setiap melihat angka dan variabel pada materi dan soal matematika langsung pusing seakan tidak berdaya menghadapinya.

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan naskah soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs mata pelajaran matematika yang berbasis kertas dan pensil (UNKP). Namun demikian antara soal UN yang berbasis kertas dan berbasis komputer mempunyai tingkat kesulitan dan model yang sama. Karena sejatinya kedua model soal UN tersebut diambil dari sumber dan kisi-kisi yang sama, hanya saja model pelaksanaannya yang berbeda (kertas dan komputer).

Soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs mapel matematika tahun pelajaran 2016/2017 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 3 Mei 2017. Bagi anda yang membutuhkan soal UN Matematika SMP/MTs Tahun pelajaran 2016/2017 silahkan unduh pada link download di bawah ini. Pada kesempatan kali ini tidak hanya soal saja yang kami bagikan, namun kami bagikan pembahasannya sekalian. Untuk pembahasan soal-soal matematika berupa video turorial penyelesaian soal yang dibahas oleh Fadchudin Rohman. Dalam pembahasan tersebut sudah disertai dengan cara cepat, dan mudah dipahami.

Berikut ini link download soal Ujian Nasional (UN) SMP/MTs mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2016/2017 yang bisa diunduh.



Kupas Tuntas Pembahasan Lengkap dan Rinci Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2017 dapat dilihat pada video tutorial pembahasan UN Matematika di bawah ini.



Demikian informasi soal dan pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2016/2017 yang bisa kami bagikan. Soal dan pemnbahasan ini dapat digunakan sebagai bahan persiapan menghadapi UN/UNBK tahun 2018 2019 2020 dan seterusnya. Hal ini penting karena model soal UN matematika tidak berlaku surut. Model atau tipe soal-soal UN dari tahun ke tahun selalu mirip bahkan ada yang sama.

Berdasarkan hasil bedah SKL bersama salah satu Guru Matematika SMP/MTs yang juga merupakan anggota team pembuat soal UN Matematika SMP 2018, untuk menghadapi UN/UNBK tahun 2018 maka harus menguasai soal-soal UN tahun-tahun sebelumnya. Dan yang harus dikuasai adalah soal-soal UN Matematika Tahun 2014, 2015, 2016, dan 2017.


Lihat juga video tutorial Pembahasan Soal UN Matematika SMP/MTs Tahun 2015/2016 pada  link di bawah ini.

https://www.youtube.com/playlist?list=PLYz4CSS7qWc5bBAFu2h9mVYT5c3qoMZFx



Download juga soal-soal latihan ujian nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah-daerah, diantaranya adalah Try Out atau tes uji coba ujian nasional yang diselenggarakan oleh Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jakarta.

Untuk Yogyakarta menggunakan istilah TPM (Tes Pendalaman Materi) dan TPPU. Dan untuk Jakarta menyelenggarakan UCUN (Uji Coba Ujian Nasional). Untuk soal UCUN ini dipercaya sangat mirip dengan Ujian Nasional sesungguhnya, bahkan dipercaya hampir 80%-90% sama dengan UN.


Bagikan kepada putra-putri Bapak/Ibu sebagai bahan belajar menghadapi UN Matematika SMP/MTs Tahun 2018, baik yang menggunakan moda ujian berbasis kertas (UNKP) maupun yang berbasis UNBK. Selamat belajar semoga sukses.


0 Response to "Download Soal dan Pembahasan UN Matematika SMP/MTs Tahun Pelajaran 2016/2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel