Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SD/MI, SMP/MTs SMA/MA Berdasar Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016


Kriteria kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan adalah merupakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL).SKL dikembangkan menjadi beberapa standar, diantaranya adalah standar isi, standar penilaian, standar proses, standar sarana dan prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pembiayaan, dan standar pengelolaan.

Terdapat tiga dimensi yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan dari setiap lulusan satuan pendidikan dasar. Beberapa aspek dari ketiga dimensi tersebut adalah sebagai berikut.


DIMENSI SIKAP

SD/MI/SDLB/ Paket A
Dimensi sikap dari peserta didik tingkat dasar (SD/MI/SDLB/Paket A) dapat dilihat dari indikator perilaku yang mencerminkan sikap peserta didik, diantaranya:
  1. beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, 
  2. bertanggungjawab,
  3. berkarakter, jujur, dan peduli, 
  4. sehat jasmani dan rohani
  5. pembelajar sejati sepanjang hayat,

SMP/MTs/SMPLB/ Paket B
Indikator dimensi sikap dari peserta didik tingkat SMP/MTs dicerminkan dengan perilaku sikap masih sama dengan tingkat SD/MI.

    SMA/MA/SMALB/ Paket C
    Indikator dimensi sikap dari peserta didik tingkat SMA/MA dicerminkan dengan perilaku sikap masih sama dengan tingkat SD/MI SMP/MTs.

    Untuk Lulusan SD/sederajat; SMP/sederajat; dan SMA/sederajat memiliki kompetensi pada dimensi pengetahuan sebagai berikut.

    DIMENSI PENGETAHUAN

    SD/MI/SDLB/ Paket A
    Dimensi pengetahuan pada tingkat SD/sederajat memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar berkenaan dengan:
    1. ilmu pengetahuan
    2. teknologi
    3. seni
    4. budaya

    SMP/MTs/SMPLB/ Paket B
    Dimensi pengetahuan pada peserta didik tingkat SMP/sederajat masih sama dengan tingkat SD/sederajat hanya saja berlaku pada tingkat teknis dan spesifik sederhana pada:
    1. ilmu pengetahuan
    2. teknologi
    3. seni
    4. budaya

    SMA/MA/SMALB/ Paket C
    Dimensi pengetahuan pada tingkat SMA/sederajat memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berkenaan dengan:
    1. ilmu pengetahuan
    2. teknologi
    3. seni
    4. budaya
    5. humaniora.
     Download POS UN UNBK SMP SMA SMK 2019 
     Jadwal Lengkap UNBK UTAMA dan SIMULASI Tahun 2019
     POS USBN 2019 dari BSNP untuk SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK Sederajat 
     Download Kisi-Kisi UN UNBK SMP SMA 2019
    Selengkapnya tentang Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Pendidikan dasar dan Menengah (SD/MI/SDLB/ Paket A, SMP/MTs/SMPLB/ Paket B, dan SMA/MA/SMALB/ Paket C), silahkan unduh pada link download di bawah ini.