Materi Prakarya Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru



Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas IX meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar.

Pemerintah melalui Kemdikbud telah mempublikasikan buku kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2018. Buku-buku yang mengalami revisi pada tahun 2018 tersebut diantaranya adalah buku pelajaran kurikulum 2013 untuk kelas 3 dan 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA. Mata pelajaran Prakarya sebagai salah satu mata pelajaran kelas 9 SMP/MTs juga mengalami revisi pada tahun 2018 ini. Buku Prakarya kelas IX ini merupakan edisi revisi pertama yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan. Acuan tersebut meliputi kompetensi inti maupun kompetensi dasar.

Buku kelas 9 (IX) SMP/ MTs kurikulum 2013 edisi revisi 2018 mata pelajaran prakarya disusun untuk membantu siswa dalam memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan. Pada buku tersebut pembahasannya disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.

Harapan dari penulis buku, dengan hadirnya buku tersebut dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah praktis dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di daerah masing-masing. Selanjutnya dengan buku tersebut harapannya dapat meningkatkan kualitas hasil belajar siswa. Di samping itu juga turut melestarikan kerajinan, budaya, dan teknologi bangsa Indonesia. Penulis buku juga mengungkapkan dan menyadari masih banyak kekurangan dalam upaya penyusunan buku tersebut. Untuk itu segala saran dan kritik demi perbaikan buku ini sangat dinantikan.

Dan berikut ini adalah daftar isi materi Prakarya Kelas 9 (IX) SMP/ MTs Semester 2 (Genap) Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru.


DAFTAR ISI BUKU PRAKARYA KELAS IX SEMESTER 2
KURIKULUM 2013 REVISI 2018

KERAJINAN

PETA MATERI I

BAB I Kerajinan Berbasis Media Campuran

A. Prinsip Kerajinan Berbasis Media Campuran
  1. Menyederhanakan Bentuk dengan Mengurangi atau Menambah Bentuk Produk Kerajinan Berbasis Media Campuran (Stilasi)
  2. Merubah Bentuk Produk KErajinan Berbasis Media Campuran (Deformasi)

B. Jenis dan Karakteristik Kerajinan Berbasis Media Campuran

C. Produk dan Proses Kerajinan Berbasis Media Campuran
     1. Batu
     2. Logam
     3. Plastik
     4. Kayu
     5. Keramik


REKAYASA

PETA MATERI II

BAB II Dasar-Dasar Elektronika

A. Wawasan Elektronika
    1. Komponen Elektronika Dasar
    2. Jenis dan Manfaat
        a. Elektronika Analog
        b. Elektronika Digital

B. Sistem Pengendali
    1. Peralatan Listrik
    2. Pembuatan Rangkaian Stop Kontak


BUDI DAYA

PETA MATERI III

BAB III Budi Daya Ikan Hias

A. Komoditas Ikan Hias

B. Sarana dan Peralatan Budi Daya (Pembesaran Ikan Hias)
    1. Bahan
    2. Alat
    3. Wadah Budi Daya Ikan Hias

C. Persiapan Wadah Budi Daya Ikan Hias
    1. Pembuatan Wadah Budi Daya (Akuarium) Ikan Hias
    2. Persiapan Wadah Budi Daya Ikan Hias
    3. Proses Budi Daya Pembesaran Ikan Hias


PENGOLAHAN

PETA MATERI IV

BAB IV Pengolahan Bahan Pangan Setengah Jadi dan Produk Samping dari Bahan Perikanan dan Peternakan Menjadi Makanan

A. Makanan dari Bahan Pangan Setengah Jadi
  1. Pengertian
  2. Jenis dan Manfaat
  3. Teknik Pengolahan Makanan dari Setengah Jadi Bahan baku Perikanan dan Peternakan
  4. Tahap Pembuatan Makanan dari Bahan Setengah Jadi Bahan Baku Hasil Perikanan dan Peternakan

B. Makanan dari Bahan Pangan Produk Samping
  1. Pengertian
  2. Jenis dan Manfaat
  3. Teknik Pengolahan Makanan dari Produk Samping Bahan Baku Perikanan dan Peternakan
  4. Tahapan Pengolahan
  5. Pengemasan

Demikian daftar isi materi Prakarya untuk kelas 9 (IX) SMP/ MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 yang sudah dirilis resmi oleh pemerintah. Apabila anda ingin mendownloadnya silahkan kunjungi tautan link download di bawah ini.
Atau bisa juga di download dari tautan di bawah ini.

Berikut ini adalah materi sebagian kecil dari isi buku Prakarya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru. Untuk lebih lengkapnya silahkan download pada link yang sudah diberikan di atas.

==============

BAB 1
KERAJINAN BERBASIS MEDIA CAMPURAN

Indonesia sebagai negara kepulauan sekaligus merupakan negeri bahari sangat kaya adat istiadat, karena itu pulalah kekayaan bendawinya pun amat banyak dan beragam. Budaya yang lahir dari suku-suku bangsa yang tersebar di bumi nusantara dalam banyak hal memiliki kesamaan ciri ataupun pencitraannya, yaitu citra sebagai milik bangsa Indonesia yang khas dan kental dengan kekayaan budaya tradisi.

Kepulauan Indonesia telah menjadi pusat perkembangan abadi Asia sejak jaman dahulu. Banyak pulau-pulau yang dianugerahi berbagai kekayaan alam yang melimpah dan penduduknya diberkahi keahlian tradisi dengan berbagai kerajinan mulai dari batik, berbagai ukiran kayu, aneka logam, keramik, berbagai bentuk anyaman dan sebagainya. Semuanya ini patut kita syukuri sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Cintailah kekayaan yang dimiliki negeri kita.

Setelah kamu mendapatkan wawasan dan pengetahuan pembuatan karya kerajinan dari berbagai bahan alam dan buatan pada bab terdahulu, apa yang kamu rasakan? Apakah kamu bangga akan kekayaan kerajinan Indonesia yang tersebar di nusantara ini? Adakah keinginan untuk mengembangkan kerajinan yang ada di daerahmu sendiri, agar daerahmu menjadi maju dalam pembuatan kerajinan sesuai bahan dasar yang ada di daerahmu? Tentunya sebagai generasi muda kamu memiliki tanggung jawab melanjutkan perjuangan generasi sebelumnya, terutama dalam bidang seni budaya.

Pada bagian ini dapat dipelajari pengembangan dari produk kerajinan bahan alam atau buatan yang telah dipahami sebelumnya. Pengembangan produk kerajinan dapat dilakukan dengan melakukan strategi rancangan untuk merubah sebuah produk. Strategi perubahan bentuk tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan kerajinan berbasis media campuran. Kerajinan berbasis media campuran adalahkerajinan yang dibuat dengan tujuan merubah bentuk sebuah  benda yang dominan terbuat dari satu jenis bahan kini dipadukan dengan bahan lainnya agar menjadi lebih menarik, baik tanpa menghilangkan fungsi aslinya ataupun mengganti fungsinya. Bahan yang digunakan dapat berupa bahan alam dengan bahan alam atau bahan buatan dengan bahan buatan, dapat pula terdiri dari bahan alam dan buatan.

Pada prinsipnya adalah kerajinan yang dibuat dengan media campuran dapat memperindah penampilan bentuk, warna, tekstur dan volume dari sebuah kerajinan. Dengan demikian nilai kualitas dari kerajinan ini pun meningkat. Hal ini dikarenakan menggunakan bahan media campuran harus mengenal karakteristik bahan masing-masing sehingga lebih sulit dilakukan.

Dengan mempelajari kerajinan berbasis media campuran ini diharapkan dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan, agar produk kerajinan bahan alam atau buatan yang ada dapat diolah sedemikian rupa menjadi karya yang lebih inovatif dan unik. Sebagai langkah awal dapat dilakukan penggalian informasi dari berbagai sumber/referensi mengenai produk kerajinan yang telah menggunakan media campuran sebagai bahan utamanya.

Kerajinan berbasis media campuran banyak dilakukan oleh pengrajin. Tahukah kamu apa maksud dari pembuatan kerajinan yang dibuat dengan strategi perubahan seperti menggunakan bahan berbasis media campuran? Beberapa alasan yang dapat dikemukakan adalah:
  1. adanya kekurangan bahan baku atau memanfaatkan bahan baku yang tidak banyak jumlahnya,
  2. menghindari bentuk yang monoton,
  3. meningkatkan estetika pada tampilan produk, dan
  4. lebih terlihat modern karena dapat disukai oleh semua kalangan.
Sebagai pembuat karya selain diperlukan keterampilan dan kreativitas juga diperlukan pengembangan karakter lainnya seperti; kemauan keras, berani mencoba, tidak pantang menyerah, ulet, berani ambil resiko, dan bertanggung jawab. Kembangkanlah kreativitas dan keterampilan dalam berkarya, agar dihasilkan produk kerajinan yang inovatif dan disukai banyak orang. Dengan demikian citra bangsa Indonesia sebagai bangsa yang kreatif, trampil, dan bertradisi dapat dilestarikan dengan sebaik-baiknya.
=========


Selengkapnya tentang Materi Prakarya Kelas 9 (IX) SMP/ MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru silahkan kunjungi situs resmi kemdikbud dan download bukunya di www.buku.kemdikbud.go.id.

0 Response to "Materi Prakarya Kelas 9 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel