Materi Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 Berdasarkan Edisi Revisi 2018




Sekilas tentang buku Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 Berdasarkan Edisi Revisi 2018

Buku Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs berdasarkan Edisi Revisi 2018 Kurikulum 2013 telah resmi dirilis oleh pemerintah dan bisa di download dengan gratis melalui situs resmi kemdikbud. Namun ada persyaratan yang harus disetujui apabila Anda ingin mendownload melalui situs website resmi kemdikbud. Yang pertama anda harus login terlebih dahulu selanjutnya anda harus menyetujui persyaratan seperti di bawah ini:


Jangka waktu layanan Lisensi MIT (MIT) Hak Cipta (c) Izin dengan ini diberikan, gratis, kepada siapa pun yang memperoleh salinan perangkat lunak ini dan file dokumentasi terkait ("Perangkat Lunak"), untuk menangani Perangkat Lunak tanpa batasan, termasuk tanpa batasan. hak untuk menggunakan, menyalin, memodifikasi, menggabungkan, menerbitkan, mendistribusikan, mensublisensikan, dan / atau menjual salinan Perangkat Lunak, dan untuk mengizinkan orang-orang yang diberikan Perangkat Lunak untuk melakukannya, tunduk pada ketentuan berikut: Pemberitahuan hak cipta di atas dan pemberitahuan izin ini harus disertakan dalam semua salinan atau bagian penting dari Perangkat Lunak. 



Dengan menyetujui persyaratan di atas maka anda sudah bisa mendownload semua buku-buku yang ada di situs tersebut secara free alias gratis.


Buku kurikulum 2013 Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 berdasarkan Edisi Revisi 2018 mempunyai hak cipta dari kemdikbud. Berikut ini keterangan selengkapnya dari buku siswa Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 Berdasarkan Edisi Revisi 2018. Buku tersebut memiliki  hak cipta dari Kemdikbud (Hak Cipta © 2018 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan dilindungi oleh Undang-Undang.

Buku Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 Berdasarkan Edisi Revisi 2018 merupakan terdiri dari dua buku yaitu Buku Guru dan Buku Siswa. Pemerintah sudah selesai merevisi Buku Guru dan Buku Siswa mata pelajaran matematika kurikulum 2013 revisi tahun 2018 yang sekarang sudah dapat digunakan dan dapat diimplementasikan untuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas mulai tahun pelajaran 2018/2019.

Buku guru dan buku siswa telah disusun dan pastinya sudah ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kemdikbud. Buku ini dapat dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013 khususnya kelas 9 mulai awal tahun pelajaran 2018/2019. Namun demikian penulis mengharapkan, buku ini dapat dijadikan sebagai “dokumen hidup” yang masih perlu perbaikan, pembaharuan, dan pemutakhiran sesuai kebutuhan dan perubahan zaman. 

Penulis buku juga mengaharap kritik dan masukan dari berbagai pihak untuk dapat meningkatkan kualitas buku yang dapat dialamatkan kepada penulis buku melalui laman resmi kemdikbud http://buku.kemdikbud.go.id atau melalui email buku@kemdikbud.go.id.
Keterangan buku
Buku ini merupakan Edisi Revisi yang dikeluarkan di 
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018.
vi, 330 hlm. : ilus. ; 25 cm.
Untuk SMP/MTs Kelas IX
ISBN 978-602-282-984-3 (jilid lengkap)
ISBN 978-602-282-989-8 (jilid 3)
1. Matematika -- Studi dan Pengajaran I. Judul
II. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
510

Penulis: 
Penulis buku Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 adalah Muhammad Syifa'ul Mufid, Winarni, Subchan, Wawan Hafid Syaifudin, dan Kistosil Fahim.

.
Penelaah: 
Agung Lukito, Turmudi, Sri Wardhani, St. Suwarno, dan Alhadi Bustamam.
Pe-review: Rachimin
Penyelia Penerbitan: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Cetakan Ke-1, 2015 (ISBN: 978-602-282-989-8 (jilid 3))
Cetakan Ke-2, 2018 (Edisi Revisi)
Disusun dengan huruf Times New Roman, 11 pt.




Pengantar

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Berkat kuasa Allah SWT penulis bisa menuntaskan Buku Matematika Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013 ini. Buku ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. Selain itu, buku ini juga ditulis dengan menyesuaikan materi dan kompetensi yang berdasar standar internasional seperti PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey). 

Siswa dalam pembelajaran Kurikulum 2013 tidak diperkenankan lagi meminta guru untuk memberikan semua pengetahuan secara langsung atau dengan metode lama yaitu ceramah. Dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, siswa akan diajak, diarahkan, dan dipandu oleh guru agar siswa secara aktif menggali pengetahuan, menemukan dan mengkontruksi suatu konsep dengan beraktivitas dan bernalar melalui kegiatan-kegiatan yang disajikan. 

Pembelajaran matematika diarahkan agar siswa mampu berpikir rasional, kritis dan kreatif, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi pada ilmu pengetahuan, mampu berkomunikasi dan bekerjasama, jujur, konsisten, dan tangguh dalam menghadapi masalah. Untuk itu, pembelajaran dilakukan dengan pendekatan pembelajaran ilmiah yang mencakup lima hal, yaitu (1) mengamati suatu objek, fenomena, kejadian, atau informasi lainnya; (2) membuat pertanyaan/menanya; (3) menggali/mengumpulkan informasi/ mencoba; (4) menalar/mengasosiasi/menganalisa; dan (5) mengkomunikasikan. 

Pembahasan materi dalam buku ini selalu didahului dengan pengetahuan konkret yang dijumpai siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dari permasalahan konkret tersebut selanjutnya digunakan sebagai jembatan menuju matematika abstrak. Matematika abstrak yang menggunakan pemanfaatan simbol-simbol matematika yang sesuai melalui permodelan. Pada ranah matematika abstrak, metode-metode matematika digunakan untuk menyelesaikan permasalahan yang diperoleh dan selanjutnya mengembalikan hasilnya pada ranah konkret. 

Peran guru dalam kesuksesan kurikulum 2013 sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa. Selain itu seorang guru juga dapat memperkaya materi pelajaran dengan kreasi baik melalui media pembelajaran maupun dalam bentuk kegiatan lain yang tentunya mendukung dan relevan yang bersumber dari lingkungan sekitar. 

Selama ini, kurikulum 2013 telah mendapat tanggapan yang positif dan mendapatkan banyak masukan dari berbagai pihak yang sangat berharga. Tentunya berbagai revisi dan evaluasi dilakukan oleh Kemdikbud. Dengan begitu tanggapan dan masukan tersebut dapat dijadikan sebgai bahan evaluasi semaksimal mungkin. Salah satunya yaitu dengan menyiapkan buku untuk menyempurnakan implementasi pada tahun ajaran 2016/2017 2018/2019 dan seterusnya. Sebagai edisi revisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. 

Penulis buku mengharap kritik, saran dan masukan demi perbaikan dan penyempurnaan buku kurikulum 2013 pada edisi selanjtutnya. Kritik, saran, dan masukan dapat disampaikan melalui email. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Semoga kita dapat memberi kontribusi yang terbaik demi kemajuan dunia pendidikan. Hal tersebut tidak lain adalah untuk mempersiapkan Indonesia yang lebih baik. Selamat belajar putra-putri Indonesia, generasi penerus bangsa tercinta. Kelak di tanganmulah bangsa, negara bahkan dunia ini. 

Belajarlah dengan sungguh-sungguh, niatkanlah untuk mempersiapkan bekal dunia dan akhiratmu. Semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan dan memudahkan langkahmu dalam jalan kebaikan.
Jakarta, Januari 2016
Tim Penulis


Dan berikut ini adalah daftar isi materi dari buku matematika kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 berdasarkan edisi revisi tahun 2018


Daftar Isi


Bab I Perpangkatan dan Bentuk Akar

Tokoh Matematika

1.1 Bilangan Berpangkat
      Latihan 1.1 Bilangan Berpangkat
1.2 Perkalian pada Perpangkatan
      Latihan 1.2 Perkalian pada Perpangkatan
1.3 Pembagian pada Perpangkatan
      Latihan 1.3 Pembagian pada Perpangkatan
1.4 Pangkat Nol, Pangkat Negatif, dan Bentuk Akar
      Latihan 1.4 Pangkat Nol, Pangkat Negatif, dan Bentuk Akar
1.5 Notasi Ilmiah (Bentuk Baku) 
      Latihan 1.5 Notasi Ilmiah (Bentuk Baku)
Proyek 1
Uji Kompetensi 1


Bab II Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Tokoh Matematika
2.1 Persamaan Kuadrat
       Latihan 2.1 Persamaan Kuadrat
2.2 Grafik Fungsi Kuadrat
      Latihan 2.2 Grafik Fungsi Kuadrat
2.3 Sumbu Simetri dan Nilai Optimum
      Latihan 2.3 Sumbu Simetri dan Nilai Optimum
2.4 Menentukan Fungsi Kuadrat
      Latihan 2.4 Menentukan Fungsi Kuadrat
2.5 Aplikasi Fungsi Kuadrat
      Latihan 2.5 Aplikasi Fungsi Kuadrat
Proyek 2
Uji Kompetensi 2


Bab III Transformasi

Tokoh Matematika
3.1 Pencerminan (Refleksi)
      Latihan 3.1 Pencerminan (Refleksi)
3.2 Pergeseran (Translasi)
      Latihan 3.2 Pergeseran (Translasi)
3.3 Rotasi
      Latihan 3.3 Perpuatan (Rotasi)
3.4 Dilatasi
      Latihan 3.4 Dilatasi
Proyek 3
Uji Kompetensi 3


Bab IV Kekongruenan dan Kesebangunan

Tokoh Matematika
4.1 Kekongruenan Bangun Datar
      Latihan 4.1 Kekongruenan Bangun Datar
4.2 Kekongruenan Dua Segitiga
      Latihan 4.2 Kekongruenan Dua Segitiga
4.3 Kesebangunan Bangun Datar
      Latihan 4.3 Kesebangunan Bangun Datar
4.4 Kesebangunan Dua Segitiga
      Latihan 4.4 Kesebangunan Dua Segitiga
Proyek 4
Uji Kompetensi 4


Bab V Bangun Ruang Sisi Lengkung

Tokoh Matematika
5.1 Tabung
      Latihan 5.1 Tabung
5.2 Kerucut
      Latihan 5.2 Kerucut
5.3 Bola
      Latihan 5.3 Bola
Proyek 5
Uji Kompetensi



Bagi yang belum download buku guru dan buku siswa mapel Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 silahkan download pada web resmi kemdikbud yaitu di http://buku.kemdikbud.go.id atau pada link di bawah ini.

Download Lengkap Buku Kurikulum 2013 Kelas 9 SMP Semua Mapel Edisi Revisi 2018


Demikian isi materi dan buku matematika kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 berdasarkan Edisi Revisi tahun 2018 yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat

0 Response to "Materi Matematika Kelas 9 (IX) SMP/MTs Kurikulum 2013 Berdasarkan Edisi Revisi 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel