Download Soal-soal dan Pembahasan UN UNBK UNKP Matematika SMA/MA Tahun 2018



Download Lengkap Kumpulan Soal dan Pembahasan UN UNBK UNKP Matematika Kelas 12 (XII) SMA/MA IPA IPS Tahun 2018 

Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA/SMK tahun 2018 sudah selesai dilaksanakan. Hasilnyapun sudah diumumkan melalui sekolah masing-masing. Ujian Nasional UN SMA MA tahun 2018 dilakukan dengan dua metode yaitu UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan UNKP (Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil). Lalu adakah perbedaan antara soal UNBK dan soal UNKP?

Untuk Ujian Nasional SMA/MA tahun 2018 belum semua sekolah menerapkan UNBK. Beberapa sekolah masih menggunakan sistem UNKP. Bagi sekolah atau madrasah yang sudah siap secara infrastruktur yang berupa sarana dan prasarananya serta memenuhi syarat standar minimum yang telah ditetapkankan oleh pemerintah dalam hal ini adalah Kemdikbud maka sekolah atau madrasah tersebut dapat meyelenggarakan UNBK secara mandiri. Syarat minimum ada di website resmi pemerintah yaitu di https://unbk.kemdikbud.go.id/persyaratan. Namun bagi sekolah/ madrasah yang belum memenuhi standar minimal yang ditetapkan pemerintah maka bisa mengikuti UNBK pada sekolah/madrasah yang sudah dapat menyelenggarakan UNBK secara mandiri.

Kembali lagi tentang masalah soal UNBK dan UNKP, pada dasarnya antara soal ujian nasional yang berbasis kertas dan pensil (UNKP) dengan ujian nasional yang berbasis komputer (UNBK) secara materi dan substansinya adalah sama. Penyusunan dan pembuatan soal sama-sama bersumber dan berpedoman pada Kisi-Kisi UN SMA Tahun 2018 yang secara resmi telah dirilis oleh pemerintah. Perbedaan antara keduanya hanyalah pada teknis saja, bahwa untuk yang UNKP dilaksanakan masih seperti tahun-tahun yang dulu yaitu ujian dengan model soal-soal dan jawaban UN menggunakan kertas dan pensil. Sedangkan untuk model UNBK sudah tidak lagi menggunakan kertas dan pensil namun pengerjaan soal dan jawabannya sudah langsung menggunakan komputer. Yang selanjutnya hasil pengerjaan ujian dari peserta UNBK (dari komputer client) dikirim ke server lokal, dan dari server lokal langsung di upload ke pusat. Dengan begitu hasil jawaban dari peserta ujian nasional sudah langsung terkirim ke pusat dan tinggal menunggu hasilnya.

Bagaimana model soal UN Matematika SMA yang keluar di tahun 2018?
Dari soal UN mata pelajaran matematika tahun 2018 yang telah keluar ternyata jauh di luar perkiraan. Banyak siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan soal UN matematika tahun 2018. Bahkan banyak siswa kelas 12 (XII) SMA/MA yang mengikuti UN tahun 2018 menorehkan perasaannya melalui media sosial. Hal ini sempat gaduh dan viral bahkan Kemdikbud sampai menanggapi akan masalah ini. Kemdikbud beranggapan bahwa soal yang keluar masih sesuai dengan kisi-kisi yang ditetapkan.  Namun banyak siswa yang mengungkapkan bahwa antara soal dan kisi-kisi masih banyak soal yang tidak sama. Ada yang juga yang bilang "maunya mengerjakan soal matematika, eh ternyata soal matematika yang mengerjaiku." Dan masih banyak lagi keluhan lain dari peserta ujian yang banyak dijumpai di media sosial seperti facebook dan instagram tentang sulitnya soal-soal UN matematika SMA tahun 2018.

Memang, soal ujian nasional untuk tingkat SMA/MA mengalami perubahan yang sangat signifikan jika dibandingkan dengan soal UN tahun-tahun sebelumnya. Perubahan diantaranya terjadi pada model soal matematika yaitu adanya bentuk soal isian singkat. Untuk model ini sebenarnya dari Kemdikbud sudah mensosialisasikan akan adanya soal isian singkat khususnya untuk UN mata pelajaran matematika tahun 2018. Kemdikbud akan menerapakan model soal UN yang berupa isian singkat dan soal isian singkat tersebut sebanyak 4 buah butir soal. Proporsi dari saol UN matematika 2018 tentang isian singkat adalah 10% atau setara dengan 4 butir soal dari jumlah butir soal keseluruhan yang berjumlah 40 butir soal. Selanjutnya soal UN matematika SMA yang 90% atau 36 butir soal UN matematika masih dalam berbentuk soal pilihan ganda.

Jika dilihat dari bentuk soal ada soal UN yang mengalami perubahan, secara substansi isi soal UN SMA/MA tahun 2018 khususnya untuk mata pelajaran matematika mengalami perubahan. Banyak muncul tipe soal baru yang jauh berbeda dari tipe soal-soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya. Hal ini membuat banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal ujian nasional mapel matematika. Oleh banyak siswa, soal UN matematika SMA tahun 2018 dirasa terlalu sulit dan tidak dapat menyelesaikannya dengan tuntas.

Namun benarkah Soal UN Matematika SMA tahun 2018 lebih sulit dari tahun sebelumnya? Sebenarnya masih banyak ditemui soal tipe lama atau daur ulang dari soal-soal UN beberapa tahun sebelumnya. Namun pada UN Matematika SMA tahun 2018 juga ditemui muncul model soal baru yang belum pernah muncul dalam latihan maupun try out sehingga soal tersebut kurang familiar bagi siswa. Dari soal UN matematika SMA 2018 terdapat juga jenis soal tipe berpikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order of Thinking Skill). Mulai tahun 2018 pada soal UN SMA/MA, Kemdikbud menerapkan tipe soal HOTS yang proporsinya 10% dari keseluruhan soal. Soal tipe ini menuntut siswa untuk berpikir kritis, logis dan kreatif dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan satu sama lain dalam bentuk soal-soal ujian yang keluar. Soal-soal tersebut dihubungkan dalam kehidupan nyata sehari-hari dan memerlukan kemampuan berpikir labih dalam memecahkan masalah.

Berikut ini adalah link download soal UN (UNBK/ UNKP) Matematika SMA 2018 baik untuk program studi (Prodi) IPA maupun IPS. Soal bisa diunduh pada link download yang sudah tersedia di bawah ini. Soal-soal UN Matematika SMA tahun 2018 diambil dari beberapa sumber, diantaranya diambil dari blog matematika m4th-lab.net. File naskah soal bisa langsung didownload pada tautan yang tersedia di bawah ini. (Mohon maaf belum semua paket soal bisa di download, kami senantiasa akan selalu mengupdate untuk paket soal yang lain yang link downloadnya belum aktif) 


Soal UN (UNBK/ UNKP) Matematika SMA 2018 Program Studi IPA:

1.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 1 (Download)
2.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 2 (Download)
3.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 3 (Download)
4.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 4 (Download)
5.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 5 (Download)
6.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 6 (Download)
7.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 7 (Download)
8.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 8 (Download)
9.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 9 (Download)
10. Soal UN Matematika IPA 2018  Paket 10 (Download)


Soal UN Matematika SMA 2018 Program Studi IPS:

1.  Soal UN Matematika IPS 2018 Paket 1 (Download)
2.  Soal UN Matematika IPS 2018 Paket 2 (Download)
3.  Soal UN Matematika IPS 2018 Paket 3 (Download)
4.  Soal UN Matematika IPS 2018 Paket 4 (Download)
5.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 5 (Download)
6.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 6 (Download)
7.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 7 (Download)
8.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 8 (Download)
9.  Soal UN Matematika IPA 2018 Paket 9 (Download)
10. Soal UN Matematika IPA 2018  Paket 10 (Download)


Demikian informasi tentang soal-soal dan pembahasan UN (UNBK/ UNKP) Matematika SMA/MA Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Silahkan bergabung di Fans Page Facebook www.7Pelangi.com untuk memperoleh update berita terbaru. Subscribe Channel YouTube Matematika di bawah ini untuk memperoleh video pembelajaran dan pembahasan soal-soal matematika secara gratis. Untuk dapat mengikutinya silahkan klik pada tombol di bawah ini.


Subscribe YouTube 




0 Response to "Download Soal-soal dan Pembahasan UN UNBK UNKP Matematika SMA/MA Tahun 2018 "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel