Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download SILABUS, KI, KD dan Contoh RPP IPS Kelas 7, 8, 9 SMP/MTs Edisi Revisi 2017



Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan perubahan masyarakat pada tataran lokal, nasional, dan internasional menjadi landasan utama dalam pengembangan Kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) memiliki kontribusi terhadap pembentukan pengetahuan, sikap, dan keterampilan serta penguasaan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) peserta didik untuk menghadapi tantangan global pada abad 21.

Sebagai bagian dari masyarakat dunia, peserta didik harus memahami lingkungan dan masyarakat secara lokal, nasional dan global, menyadari keragaman budaya (multikultur), mengembangkan keterampilan sosial dan menguasai perkembangan teknologi.
Pembelajaran IPS diorganisasikan dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner atau transdisipliner dari Ilmu-ilmu Sosial, Humaniora, dan Psikologi sesuai perkembangan peserta didik. Dalam kontek pembelajaran IPS, ruang dimaknai sebagai ruang kehidupan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pembelajaran IPS diharapkan dapat mengembangkan rasa cinta terhadap tanah air, memperkokoh kesatuan dan persatuan NKRI.

Dalam pengembangan silabus, guru dapat mengembangkan secara mandiri keunggulan-keunggulan lokal, mengakomodasi karena silabus bersifat fleksibel dan kontekstual.

Guru diharapkan kreatif dalam mengembangkan materi, mengelola proses pembelajaran, dapat menggunakan metode dan model pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan kemampuan siswa yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat.
Selengkapnya tentang SILABUS, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan Contoh RPP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas 7, 8, dan 9 SMP/ MTs berdasarkan Edisi Revisi tahun 2017 dapat dilihat dan dipelajari pada halaman berikut. Bagi Anda yang menginginkan soft filenya bisa anda unduh pada link download di bawah ini.