Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Bahasa Inggris sebagai salah satu mata pelajaran di SMP/MTs merupakan suatu mata pelajaran yang penting. Bahasa Inggris merupakan alat komunikasi utama antarbangsa dan pergaulan dunia. Semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berakibat pada pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara.

Melihat peran penting dari bahasa Inggris maka perlu penyempurnaan kurikulum 2013 agar tepat guna. Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad ke-21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan.
Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas 8 disusun untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam penggunaan berbahasa Inggris. Adapun penyajian mapel bahasa Inggris menggunakan metode pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis.

Dalam kurikulum 2013 mata pelajaran bahasa Inggris menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selanjutnya kemampuan peserta didik dalam berbahasa Inggris dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan.

Pembelajaran mata pelajaran bahasa Inggris dimulai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan tentang jenis, kaidah, dan konteks suatu teks. Selanjutnya dilanjutkan dengan menggunakan kompetensi keterampilan dalam menyajikan suatu teks tertulis dan lisan. Dalam kegiatan ini baik secara terencana maupun spontan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Pembelajaran berkelanjutan ini bermuara pada pembentukan sikap kesantunan berbahasa.

Berikut ini daftar isi materi pelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan 2 Berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Materi Pelajaran ini berlaku mulai tahun pelajaran 2017/2018 dan seterusnya sampai ada perubahan Kurikulum yang baru jika ada perubahan kurikulum selanjutnya.


MATERI PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS 8 SMP/MTs KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017

First Semester

  1. Chapter I. It’s English time!
  2. Chapter II. We can do it, and we will do it
  3. Chapter III. We know what to do
  4. Chapter IV. Come to my birthday, please!
  5. Chapter V. I’m so happy for you! .
  6. Chapter VI. Our busy roads 


Second Semester

  1. Chapter VII. My uncle is a zookeeper
  2. Chapter VIII. What are you doing?
  3. Chapter IX. Bigger is not always better
  4. Chapter X. When I was a child 
  5. Chapter XI. Yes, we made it! 
  6. Chapter XII. Don’t forget it, please! 
  7. Chapter XIII. We got a lot of histories