Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPS Kelas 8 (VIII) SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 cetakan ke-2 tahun 2017 sudah mengalami revisi. Baik itu Buku Guru maupun Buku Siswa.

Dalam pembelajaran IPS kelas 8 (VIII) bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang berbagai gejala sosial pada lingkup ASEAN melalui pemahaman konektivitas ruang dan waktu beserta aktivitas dan interaksi sosial yang ada di dalamnya.

Keragaman kondisi yang dimiliki negara-negara ASEAN merupakan potensi sumberdaya yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduknya dalam dimensi ruang dan waktu serta ikatan konektivitas multidimensi sehingga kondisi gejala beserta keunggulan yang dimiliki oleh masing-masing negara ASEAN akan dapat berfungsi sebagai sumberdaya pembangunan.
Fokus kajiannya diarahkan pada upaya mendorong siswa memahami serta memiliki pemahan tentang keunggulan wilayah, kekayaan sumberdaya alam, sumberdaya manusia, ataupun sumberdaya budaya yang kita miliki, serta pemanfaatannya.

Pembelajaran IPS perlu diarahkan agar siswa terampil dan aktif dalam mengamati, menanya, menalar, mencoba, serta membentuk jaringan pengetahuan yang dikuasainya secara ilmiah (scientific).

Sementara itu, proses pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Pembelajaran Inkuiri, dan Pembelajaran Discovery. Dalam pembelajaran IPS, peran guru sangat penting untuk mengarahkan sekaligus menjadi pendorong/motivator bagi aktivitas siswa dengan berbagai kegiatan yang dicontohkan dalam buku ini.

Guru dapat dan bahkan sangat dianjurkan untuk memperkaya materi secara kreatif dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa.


MATERI PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS 8 SMP/MTs KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017


BAB I: 
INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA-NEGARA ASEAN

A. Mengenal Negara-negara ASEAN

B. Interaksi Antarnegara-negara ASEAN

C. Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan terhadap Kehidupan di Negara-negara ASEAN


BAB II: 
PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN 


BAB III: 
KEUNGGULAN DAN KETERBATASAN ANTAR RUANG DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEGIATAN EKONOMI, SOSIAL, BUDAYA di INDONESIA DAN ASEAN 

A. Keunggulan dan Keterbatasan Antar ruang serta Peran Pelaku Ekonomi dalam Suatu Perekonomian

B. Perdagangan Antardaerah atau Antar pulau dan Perdagangan Internasional

C. Penguatan Ekonomi Maritim dan Agrikultur di Indonesia

D. Pendistribusian Kembali (Redistribusi) Pendapatan Nasional




BAB IV: 
PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN

A. Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia

B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada masa Penjajahan

C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan