Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi IPA Kelas 7 (VII) Semester 1 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Terbaru Berdasar Edisi Revisi Tahun 2016



Mulai tahun pelajaran 2017/2018 semua sekolah/madrasah yang menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) sudah harus menggunakan buku cetakan terbaru dari Kemendikbud. Pemerintah telah mencetak Buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7 (VII) baik semester 1 maupun semester 2 Kurikulum 2013 cetakan ke-2 Edisi Revisi Tahun 2016.

Kuatnya kompetensi  peserta didik dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh merupakan bagian dari rancangan Kurikulum 2013. Pembelajaran dari sejumlah mata pelajaran yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi merupakan proses pencapaian kurikulum 2013. Penerapan Kurikulum 2013 pada jenjang Sekolah Dasar (SD/ MI), dilakukan dengan menggabungkan semua mata pelajaran menjadi satu. Dan mata pelajaran itu disajikan dalam bentuk tema-tema. Namun untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs), pembelajaran sudah dipisah-pisahkan menjadi beberapa mata pelajaran.
Pada tahap transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan belum dilakukan sepenuhnya untuk jenjang SMP/MTs. Materi-materi dari bidang ilmu seperti Biologi, Kimia, Fisika, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih disajikan dalam satu mata pelajaran yaitu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Penggabungan ini untuk memberikan wawasan secara utuh kepada peserta didik jenjang SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta dan segenap isinya.

Buku IPA Kelas 7 (VII) Kurikulum 2013 disusun didasarkan pada acuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam secara terpadu dan utuh. Dengan demikian setiap materi yang diajarkan, harus dilanjutkan sampai peserta didik terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya.

Buku mata pelajaran IPA Kurikulum 2013 untuk kelas 7 SMP/MTs merupakan edisi revisi dari sebelumnya. Revisi dilakukan untuk proses penyempurnaan kurikulum 2013 dengan menyesuaikan isi buku dengan Kompetensi Dasar (KD) kelas 7 (VII) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMP/MTs. Berikut ini adalah daftar isi materi pokok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 7 Semester 1 SMP/ MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016.



MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) KELAS 7 SEMESTER 1 SMP/MTs KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016


Bab 1 Objek IPA dan Pengamatannya

A. Penyelidikan IPA
B. Pengukuran sebagai Bagian dari Pengamatan


Bab 2 Klasifikasi Makhluk Hidup

A. Ciri-ciri Benda di Lingkungan Sekitar
B. Cara Mengklasifikasikan Makhluk Hidup
C. Pengklasifikasian Makhluk Hidup


Bab 3 Klasifikasi Materi dan Perubahannya 

A. Cara Mengklasifikasikan Materi
B. Cara Memisahkan Campuran
C. Benda-benda yang dapat Mengalami Perubahan

Bab 4 Suhu dan Perubahannya

A. Bagaimana Mengetahui Suhu Benda?
B. Perubahan Akibat Suhu


Bab 5 Kalor dan Perubahannya 

A. Pengertian Kalor
B. Perpindahan Kalor


Bab 6 Energi dalam Sistem Kehidupan

A. Pengertian Energi
B. Berbagai Sumber Energi
C. Makanan sebagai Sumber Energi
D. Transformasi Energi dalam Sel
E. Metabolisme Sel
F. Sistem Pencernaan