Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[PDF] Download Panduan Penyusunan RPP SATU LEMBAR 2020 Resmi dari Pusat Kurikulum untuk PAUD TK/RA SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK SLB


Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 2019 secara resmi telah menerbitkan RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) INSPIRATIF. RPP Inspitarif atau RPP Satu Lembar merupakan administrasi guru yang harus dipersiapkan sebelum belajar mengajar di kelas. RPP Satu lembar dipersiapkan untuk tahun pelajaran 2020/2021. 

Berikut ini adalah isi dari panduan penyusunan RPP Inspiratif resmi dari Dinas Pemerintah yang diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

DAFTAR ISI

Daftar isi dari Panduan/Pedoman Pembuatan RPP Inspiratif adalah sebagai berikut.

01 PAUD 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MINGGUAN (RPPM) PAUD 
1. Rasional
2. RPPM Model Kelompok Untuk TK A 
3. RPPM Model Kelompok Untuk TK B  
4. RPPM Model Sentra Untuk TK A 
5. RPPM Model Sentra Untuk TK B 
6. RPPM Model Area Untuk TK A 
7. RPPM Model Area Untuk TK B

02 SEKOLAH DASAR 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR (SD) 
1. Rasional 
2. RPP Agama Budha dan Budi Pekerti SD 
3. RPP Tematik Kelas Rendah 
4. RPP Tematik Kelas Tinggi

03 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) 
1. Rasional 
2. RPP Agama Islam dan Budi Pekerti SMP 
3. RPP Agama Kristen dan Budi Pekerti SMP
4. RPP Bahasa Indonesia
5. RPP Bahasa Inggris 
6. RPP PPKn 
7. RPP IPA 
8. RPP Seni Budaya


04 SEKOLAH MENENGAH ATAS 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) 
1. Rasional
2. RPP Bahasa Indonesia
3. RPP PPKn
4. RPP Biologi
5. RPP Geografi  3
6. RPP Sejarah Indonesia
7. RPP Matematika
8. RPP Seni Budaya

05 SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) 
1. Rasional
2. RPP Akutansi
3. RPP K3LH

06 SEKOLAH LUAR BIASA 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) 
1. Rasional
2. RPP SDL B
3. RPP SMPL B 
4. RPP SMAL B


Pada bagian kata pengantar disebutkan bahwa Pusat Kurikulum dan Pembelararan merespons keluhan dari pendidik yang menyatakan bahwa beban administrasi terlalu banyak dan berat, khususnya dalam menyusun RPP. Beban banyak dan berat, apakah ini di alami oleh semua pendidik? Orang yang dapat menjawab ialah pendidik itu sendiri karena pendidiklah yang mengalaminya.

Pendidik merasa bahwa RPP saat ini terlalu banyak karena banyak komponen yang harus ada sehingga jumlah halamannya banyak. Oleh karena itu, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) inspiratif untuk pendidik. RPP ini hanya satu lembar, dengan komponen utama tujuan pembelajaran, aktivitas, dan penilaian. 

Tujuan pembelajaran disarikan dari Kompetensi Dasar (KD) dan dirumuskan dengan kalimat yang mudah dipahami. Aktivitas berisi kegiatan aktif siswa selama pembelajaran. Penilaian sebagai gambaran secara umum tagihan untuk mengukur ketercapaian KD. 

Penyusunan RPP inspiratif ini tidak sekadar mengurangi banyaknya hal aman menjadi satu halaman.
Pendidik diberikan kemerdekaan menyusun RPP bukan karena banyaknya jumlahnya halaman, tetapi
bagaimana mengonstruksi rencana itu secara global dan mudah di pahami dalam menerjemahkannya pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM). 

Jika RPP inspiratif ini masih diperdebatkan karena jumlah halamannya, pendidik perlu meninjau kembali profesionalismenya sebagai pendidik. Dengan demikian, di harapkan tidak akan ada  lagi pendidik yang mengeluh karena beban banyak dan berat dalam administrai.

RPP ini disusun dari PAUD sampai Pendidikan Dasar dan Menengah, dan SLB. Tidak semua mata pelajaran yang disusun, tetapi ada beberapa yang mewakili dari satuan pendidikan. Semoga RPP ini dapat menginspirasi para pendidik sehingga mampu mengembangkan RPP sendiri yang komunikatif dan memudahkan baginya.


Lebih lengkap tentang Panduan Penyusunan RPP SATU LEMBAR Resmi dari Pusat Kurikulum untuk PAUD TK/RA SD/MI SMP/MTs SMA/MA SMK/MAK SLB bisa disimak tampilan file pdf panduan penyusunan RPP Satu Lembar ini atau silahkan download pada link di bawah ini.