Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KMA No 183 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah


Kementerian Agama telah menerbitkan KMA nomor 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah dan KMA nomor 184 tentang tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada madrasah.

Keputusan Menteri Agama (KMA) ini telah ditetapkan pada bulai Mei, namun KMA ini akan mulai resmi ditetapkan secara bertahap di semua jenjang madrasah mulai dari MI, MTs dan MA sederajat mulai dari tahun pelajaran 2020/2021.

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah dimaksudkan sebagai panduan satuan pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum PAI dan Bahasa Aran di Madrasah.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komunikasi membawa perubahan yang besar dalam pola dan gaya hidup umat manusia. Diperkirakan perubahan itu akan terus berjalan maju dan menuntut perubahan dalam cara pandang, cara bersikap dan bertindak masyarakat termasuk generasi penerus bangsa ini.

Kurikulum madrasah harus bisa mengantisipasi perubahan itu dan merespon tuntutan zaman yang selalu berubah. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab diarahkan untuk menyiapkan peserta didik madrasah mampu beradaptasi dengan perubahan sehingga lulusannya kompatibel dengan tuntutan zamannya dalam membangun peradaban bangsa.

Kurikulum PAI dan Bahasa Arab di madrasah secara bertahap diarahkan untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi memahami prinsip-prinsip agama Islam, baik terkait dengan akidah akhlak, syariah dan perkembangan budaya Islam, sehingga memungkinkan peserta didik menjalankan kewajiban beragama dengan baik terkait hubungan dengan Allah SWT maupun sesama manusia dan alam semesta.

Sedangkan KMA 184 Tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah diterbitkan untuk mendorong dan memberi aturan bagairnana berinovasi dalam implementasi kurikulum madrasah serta memberikan payung hukum dalam pengembangan kekhasan Madrasah, pengembangan penguatan Karakter, Pendidikan Anti Korupsi dan Pengembangan Moderasi Beragama pada Madrasah.

Untuk lebih jelasnya silahkan download file pdf KMA No 183 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah yang akan diberlakukan pada tahun pelajaran 2020/2021.

Lampiran 1 
KMA Nomor 183 Tahun 2019 berisi 6 bab yang membahas tentang Pendahuluan, Kerangka Dasar Kurikulum PAI dan Bahasa Arab, SKL dan SI PAI dan Bahasa Arab pada MI, MTs dan MA, Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab, Penilaian PAI dan Bahasa Arab serta Penutup.

Lampiran 2 
Berisi tentang Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) PAI dan Bahasa Arab pada jenjang MI, MTs dan MA. Meliputi Mapel Al-Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab.

Download KMA Nomor 183 Tahun 2019 pdf

Bagi anda yang membutuhkan file silahkan unduh KMA No. 183 tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah PDF disini.