Try Out Online 1 UNBK Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2019



 TRY OUT ONLINE 
 BHS. INDONESIA PAKET 1 
 SESI 1 

LATIHAN SOAL UJIAN NASIONAL (UN)
UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK)
MAPEL BAHASA INDONESIA SMP/MTs
TAHUN 2018/2019

Dalam menghadapi Ujian Nasional, baik UNKP maupun UNBK perlu adanya persiapan yang matang. Semakin banyak berlatih mengerjakan soal maka kesempatan untuk sukses dan berhasil dalam meraih nilai yang sempurna akan terbuka lebar.

Berikut ini adalah naskah soal latihan/ Simulasi Ujian Nasional (UN) baik model soal yang berbasis kertas (UNKP) maupun yang berbasis komputer (UNBK) mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMP/MTs untuk menghadapi soal UN/UNBK SMP Tahun 2019 2020 2021.dan seterusnya sepanjang masih relevan dengan Kisi-kisi UN UNBK SMP/MTs Tahun 2019 2020 2021 dan seeterusnya.

Silahkan kerjakan soal di bawah ini dengan benar. Setiap adik-adik menjawab soal dengan meng-klik tobol bulat yang terletak di depan pilihan ganda (A, B, C, dan D) maka adik-adik akan langsung tahu hasil jawabannya benar atau salah, dan kalian akan langsung mendapat skor/nilai dari tiap soal yang kalian kerjakan. Latihan/ Simulasi/ Try Out Online UN UNBK Bahasa Indonesia SMP/MTs ini terdiri dari dua sesi yang tiap sesi terdiri dari 20 soal. Untuk dapat melanjutkan ke sesi berikutnya adik-adik harus mengerjakan dan mendapatkan nilai/point benar minimal 15 nomor.


 7pelangi.com - Bahasa Indonesia 
=====================




SIMULASI UNBK BHS. INDONESIA SMP/MTs 2019 

Petunjuk: Jumlah poin untuk lanjut ke sesi berikutnya adalah 15 poin
  • Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan cara meng-klik bulatan di depan jawaban (A, B, C atau D).
  • Dalam tiap soal, Anda hanya diperkenankan satu kali memilih jawaban. Namun Anda boleh mengulangi lagi dari awal dengan cara mereset ulang halaman ini.
  • Koreksi/Hasil jawaban langsung akan diberikan setiap anda menjawab soal dan dapat dilihat langsung pada notifikasi atau pemberitahuan.
  • Soal seluruhnya terdiri dari 40 butir soal PG dengan alokasi waktu 120 menit
  • Selamat Mencoba!



1. Bacalah paragraf berikut!

Di Jawa Timur angka kematian ibu (AKI) meningkat. Pada 2008, persentase AKI 83,2 per 100.000 kelahiran hidup. Pada 2011 AKI justru 204,3 per 100.000 kelahiran hidup. Meningkatnya AKI terjadi akibat keterlambatan petugas kesehatan merujuk ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Umum dr. Soetomo, mengatakan bahwa kebanyakan petugas kesehatan di kelurahan atau kecamatan memberi rujukan ke rumah sakit pemerintah karena pertimbangan biaya. Padahal, banyak rumah sakit swasta yang dilewati pasien ketika dalam perjalanan menuju rumah sakit pemerintah.

Gagasan utama paragraf tersebut adalah ….

 A.  angka kematian ibu di Indonesia menurun tajam

 B.  pertimbangan biaya mempengaruhi pilihan rumah sakit

 C.  penyebab angka kematian ibu di Jawa Timur meningkat

 D.  dokter spesialis kebidanan terlambat memberi rujukan


2. Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Korban sedikitnya 13 orang tewas, 15 orang hilang, dan 10 orang masih terperangkap di dalam tambang emas yang runtuh. Walaupun masih simpang siur, jumlah korban akibat gempa diyakini masih bertambah. Musibah itu akibat dua gempa besar mengguncang kota Mandaly, Myanmar, Minggu (11/11)..
Teks Berita 2
Gunung Lokon di Sulawesi Utara kembali meletus, Minggu (11/11). Dengan lontaran abu letusan hingga ketinggian 600 meter dari Kawah Tompaluan. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, meminta masyarakat di sekitar tidak beraktivitas dalam radius 2,5 km dari kawah tersebut untuk mencegah jatuh korban.
Persamaan isi kedua kutipan teks berita tersebut adalah ....

 A.  bencana alam yang terjadi di Indonesia

 B.  waktu terjadinya peristiwa bencana alam

 C.  aktivitas gunung berapi di berbagai negara

 D.  peristiwa yang menarik perhatian pemerintah


3. Bacalah kutipan teks berita berikut!
Teks Berita 1
Hingga Minggu (17/7) tiga dari empat korban longsor kapur Gunung di tambang batu Tugulasi, Kecamatan
Tanggungharjo, Kabupaten Grobongan, belum berhasil dievakuasi. Proses evakuasi terhadap korban yang tertimbun sejak (16/7) petang berjalan lamban karena terkendala medan dan alat berat..
Teks Berita 2
Longsor di area penambangan Gunung Tugulasi terjadi pada Sabtu (16/7) pukul 15.30 WIB. Tiga orang selamat, dua luka berat, dan empat pekerja lainnya tertimbun longsor. Sejak Sabtu – Minggu terus mengupayakan eskavator
tidak kunjung mendapatkan alat berat tersebut.
Perbedaan penyajian teks kedua kutipan teks berita tersebut adalah ....

Teks Berita 1
Teks Berita 2
 A.
diawali dengan unsur berita apa
diawali dengan unsur berita mengapa
 B.
diawali dengan unsur berita kapan
diawali dengan unsur berita apa
 C.
diawali dengan unsur berita bagaimana
diawali dengan unsur berita kapan
 D.
diawali dengan unsur berita apa
diawali dengan unsur berita siapa 


4. Bacalah kutipan biografi tokoh berikut!

Mohammad Mahfud tercatat sebagai dosen tetap Fakultas Hukum UII pertama yang meraih gelar doktor pada tahun 1993. Dia meloncat mendahului mantan dosen dan senior-seniornya di UII. Didukung oleh karya tulisnya yang sangat banyak, baik dalam bentuk buku, jurnal, maupun makalah ilmiah, dari Lektor Madya, Mahfud melompat lagi, langsung menjadi Guru Besar. Jika dihitung dari awal menjadi dosen sampai meraih gelar guru besar, Mahfud hanya membutuhkan waktu 12 tahun. Dengan rentang waktu tersebut, Mahfud memegang rekor tercepat dalam sejarah pencapaian gelar Guru Besar. Padahal, umumnya seseorang bisa merengkuh gelar Guru Besar minimal membutuhkan waktu 20 tahun sejak awal kariernya.

Keistimewaan tokoh sesuai dengan isi kutipan biografi tersebut adalah …. 

 A.  Mohammad Mahfud meraih gelar doktor 1993. 

 B.  Mohammad Mahfud menjadi dosen tetap Fakultas Hukum UII. 

 C.  Meraih gelar Guru Besar sebagai rekor tercepat dalam sejarah. 

 D.  Karya tulisnya sangat banyak, baik dalam bentuk buku maupun cd. 


5. Bacalah kutipan biografi berikut!

Ebit G. Ade lahir di Wanadadi Banjarnegara, 21 April 1954. Ia anak termuda dari 6 bersaudara. Ayahnya seorang PNS dan ibunya seorang pedagang kain. Ebit bercita-cita menjadi insinyur, dokter, pelukis, namun cita-citanya tidak kesampaian karena ketiadaan biaya. Dengan bermodal bakat dan kegigihan, Ebit memilih membuat puisi lalu melagukan puisi-puisinya sehingga ia dikenal sebagai penyanyi pop balada. Karyanya, sekitar 25 album kompilasi yang diproduksi oleh berbagai perusahaan rekaman. Akhirnya, ia sukses sebagai musisi sekaligus penyanyi. 

Hal yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ….

 A.  ayahnya sorang PNS

 B.   gagal menjadi insinyur

 C.   anak termuda dari 6 saudara

 D.   kegigihannya dalam meraih sukses

6. Perhatikan iklan berikut!
PENGUMUMAN
Diberitahukan kepada siswa SMP Inovasi, bahwa pada tanggal 23 November 2013 pukul 14.00 s.d. 16.00 bertempat di Lapangan SMP Inovasi akan dilaksanakan Pembukaan Respect Cup II. Harap seluruh siswa menghadiri kegiatan tersebut.

Penjelasan kalimat kedua iklan pengumuman tersebut adalah ....

 A.  Seluruh siswa SMP Inovasi supaya menghadiri acara pembukaan Respect Cup II.

 B.  Pelaksanaan pembukaan Respect Cup II tanggal 23 November 2013 di lapangan upacara.

 C.  Seluruh siswa dan guru wajib ikut serta pembukaan Respect Cup II di Lapangan SMP Inovasi.

 D.  Waktu pelaksanaan pembukaan Respect Cup II pukul 14.00 s.d. 16.00 di lapangan upacara.


7. Perhatikan iklan berikut!

Butuh uang dalam waktu singkat? Jangan pernah ragu-ragu datangi pegadaian di sekitar Anda. Karena pegadaian menyelesaikan masalah tanpa masalah.

Maksud iklan tersebut adalah ....

 A.  Pegadaian dapat memberi uang kepada masyarakat.

 B.  Masalah bertambah saat Anda menghubungi pegadaian.

 C.  Pegadaian perlu bantuan pinjaman keuangan dari Anda.

 D.  Pegadaian memberi solusi bagi masyarakat yang kesulitan uang.


8. Perhatikan iklan berikut!

1) Ramuan paket herbal paling manjur.
2) Minum segelas sehari, membuat tubuh lebih segar dan bugar.
3) Anda akan puas dengan minum larutan herbal.
4) Hubungi Erizal Sahar No. Hp. 0811445566.

Fakta pada iklan tersebut ditandai nomor ….

 A.  1

 B.  2

 C.  3

 D.  4

9. Perhatikan bacaan berikut!

Artis Brooke Shields mengenang ibunya sebagai pelindung terbaik untuk dirinya dari pengaruh buruk Hollywood pada tahun-tahun awal kariernya. Sang ibu,Teri Shields, meninggal dunia di New York minggu lalu. Teri mengantar putrinya ke dunia hiburan kala Brooke baru berusia 11 bulan untuk tampil di iklan sabun. Melindungi putrinya dari banyak hal buruk di industri hiburan, seperti kekecewaan, penolakan, dan iri hati. Perlindungan itu sungguh anugrah tak ternilai bagi Brooks Shields.

Simpulan isi paragraf tersebut adalah ...

 A.  Teri Shields sangat menyayangi putrinya Brooke Shields.

 B.  Pengaruh buruk Hollywood pada tahun awal Brooke Shields.

 C.  Teri Shield memulai dunia hiburan sejak berusia 11 bulan.

 D.  Anugrah bagi Brooke Shields pada putrinya di Hollywood.


10. Perhatikan grafik berikut!
Penjelasan isi grafik tersebut adalah ….

 A.  Terjadi penurunan secara berarti terhadap harga daging sapi.

 B.  Harga daging sapi di Jakarta selama dua bulan meningkat terus.

 C.  Harga daging sapi tertinggi di Jakarta mencapai Rp100.000 rupiah.

 D.  Pasokan daging sapi melimpah sehingga mempengaruhi harga daging.


11. Perhatikan tabel berikut!
 Simpulan isi tabel tersebut adalah ....

 A.  Sejak tahun 2010 distribusi BBM Bersubsisi terus meningkat, puncaknya terjadi pada tahun 2011.}

 B.  Distribusi BMM Bersubsidi sejak tahun 2010 hingga tahun 2012 tidak mengalami perubahan yang pasti.

 C. Distribusi premium dan solar tiga tahun terakhir terus meningkat kecuali minyak tanah yang tidak tetap. 

 D.  Kenyataan di lapangan masyarakat lebih banyak menggunakan BBM bersubsidi selama tiga tahun ini.


12. Perhatikan denah berikut!
Berdasarkan denah tersebut letak Pasar Bebek adalah di sebelah ....

 A.  utara Kecamatan Cilincing

 B.  selatan Kecamatan Cilincing

 C.  barat Jalan Dewa Kembar

 D.  timur Jalan Marunda Makmur


13. Perhatikan denah berikut!
Perjalanan yang paling efektif bila kita akan menuju Balai SESPIMMA dari Kebayoran Lama adalah ...

 A.  Jalan Kebayoran Lama belok kanan ke Jalan Pondok Cabe, sampai di perempatan belok

 B.  Jalan Kebayoran Lama belok kiri ke Jalan T.B. Simatupang, sampai di perempatan lurus terus Terminal Kampung Rambutan ke Terminal Lebak Bulus kemudian belok sampai lokasi di SESPIMMA.

 C.  Jalan Kebayoran Lama belok kiri ke Jalan Pondok Cabe, sampai di perempatan belok kiri melewati Terminal Lebak Bulus kemudian belok kiri sampai lokasi di SESPIMMA.

 D.  Jalan Kebayoran Lama belok kiri ke Jalan T.B. Simatupang, sampai di perempatan belok kanan melewati Terminal Lebak Bulus kemudian belok kanan sampai lokasi di SESPIMMA.


14. Bacalah puisi berikut dengan saksama!

Yang tertinggal hanya gambarmu
Di meja kamarku
Ditemani dua puisi
Tentang lara hati

Oh ... angin bawa laguku
Ungkapkan rindu menggebu
Kumasih tetap bertahan
Karna kenangan

Tema kutipan puisi tersebut adalah ....

 A.  Puisi kenangan

 B.  Terbawa kenangan

 C.  Keindahan hati

 D.  Kerinduan seseorang


15. Perhatikan kutipan puisi berikut!

Di suatu perkampungan bunga Di musim petik indah warnanya Menghias rumah halaman rakyat

Ramai-ramai perempuan desa Dengan keranjang di atas kepala

Burung-burung yang bernyanyi Menghibur mereka memetik bunga

Larik bermajas pada kutipan puisi tersebut terdapat pada larik ....

 A.  1 dan 2

 B.  3 dan 4

 C.  5 dan 6

 D.  6 dan 7


16. Bacalah puisi berikut dengan saksama!

PUISI I 
Semangka
Di kebun milik ayahku
Kulihat banyak semangka
Kuambil satu lalu membelahnya
    Aku pun berdoa
    Tuhan!
    Berilah aku gairah
    Semerah daging semangka

PUISI II 
Kasih Ibu
Semilir sepoi angin pagi
Sejuk diterpa mulus mukaku
Tak sebanding lembut sentuhmu
Tak lawan elus mesra belai rambutmu
    Wahai limpah laut biru kusuguhkan
    Andai kerlip tabur bintan kusajikan
    Takkan mampu bayar jasamu
    Tuk kasihmu Ibu...

Perbedaan amanat kedua puisi tersebut adalah ...
Puisi I
Puisi II
A.
Lestarikan lingkungan
Orang tua yang pamrih
B.
Kasih ibu takkan terganti 
Lestarikan lingkungan alam 
C.
Jangan pernah lelah berdoa 
Kasih ibu takkan terganti 
D.
Mari kita menanam semangka 
Kasih anak terhadap orang tua 

 A.

 B.

 C.

 D.


17. Bacalah kutipan cerpen berikut!

ISambil tiduran, pikiranku terus berjalan-jalan. Ayah selalu marah jika pulpen, kertas dan berkas-berkas kerjanya tak tersimpan lagi di dalam tasnya, juga sepatu dan perlengkapan kerja lainnya. Padahal setiap pulang kerja, ayah selalu menaruh tas kerjanya di tempat sembarangan. Terkadang, berkas-berkas kerjanya selalu diletakkan begitu saja setelah selesai ayah membacanya. Tentu saja, kebiasaan ini membuat ibu menjadi sangat baik.

Latar tempat pada kutipan cerpen tersebut adalah di ....

 A.  ruang kerja


 B.  ruang makan

 C.  kamar tamu

 D.  kamar tidur


18. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Di kantin, Agnes lagi ngerayain ultahnya. Desta langsung nyamperin Agnes. Ruri dan Tita langsung tegang.
“Des, lo mau ke mana?” Tita berusaha menghalau langkah Desta. “Mau nyamperin Agnes, kenapa?” tanya Desta bingung dan langsung mendekati Agnes.
“Nes, met ultah ya... semoga semua harapan elo bakal terkabul,” kata Desta. “Oh...iya. Makasih ya, ” balas Agnes dengan wajah ceria. Desta kembali menghampiri Ruri
dan Tita yang bengong campur bingung melihat Desta. “Gue kira elo mau marah-marah ke Agnes,” kata Tita. “Tau nih, bikin kita tegang aja. Kan bisa gawat kalo ada perang dunia ketiga, he...
he...”ledek Ruri. “Emang kalo gue marah-marah ke Agnes, Kelvin akan jadian sama gue? Nggak kan? Lagian cowok bukan Kelvin seorang,” jawab Desta.

Bukti watak Desta sportif pada kutipan cerpen tersebut adalah ....

 A.  minta ditraktir makan di kantin

 B.  marah-marah pada Agnes di kantin

 C.  menghampiri Ruri dan Tita di kantin

 D.  mengucapkan selamat ultah ke Agnes


19. Bacalah kutipan cerpen berikut!

Di sebuah kamar kost-an, aku duduk di atas tempat tidur. Tangan kananku memegang
sebatang cokelat. Di tangan kiriku, aku memainkan sebuah permainan di handphone. “Tari, perasaan dari tadi pagi lo makan cokelat terus. Apa enggak takut gemuk?” tanya Wery, sambil berbaring di tempat tidur yang terletak di samping kanan tempat tidurku.

“Iya, gue heran deh sama Lestari. Padahal kalau makan cokelat nggak tanggungtanggung. Sekali makan bisa habis dua batang.” Hanny ikut melibatkan diri dalam obrolan. Aku hanya tersenyum.

Penggambaran watak tokoh Aku pada kutipan cerpen tersebut melalui cara ....

 A.  dialog tokoh 

 B.  perilaku tokoh 

 C.  dialog antartokoh

 D.  diceritakan pengarang 

20. Bacalah kutipan cerita berikut!

... “Mereka memperbaiki saluran air sungai yang terhambat sampah. Air sungai meluap dan menjadi banjir, karena tersumbat sampah di Kampung Ambarsari. Sampah menumpuk, sehingga air naik ke rumah-rumah penduduk. Kita berdoa ya, Nak! Semoga Ayahmu bersama-sama orang-orang berhasil membuka sumbatan sampah di sana, dan pulang dengan selamat,” ucap Bu Fatimah.

Amanat yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....

 A.  Jangan memaksakan kehendak.

 B.  Buanglah sampah pada tempatnya.

 C.  Sesama harus saling menyayangi.

 D.  Hukum berlaku untuk siapa pun.







Coba Simulasi/ Try Out Online UN/UNBK Matematika SMP/MTs Tahun 2019 di bawah ini.


0 Response to "Try Out Online 1 UNBK Bahasa Indonesia SMP/MTS Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel