Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download SILABUS, KI, KD Contoh RPP IPA Kelas 7, 8, 9 SMP/MTs Edisi Revisi 2017



Dalam menyusun rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pembelajaran dan pengembangan penilaian hasil pembelajaran diperlukan sebuah acuan yaitu silabus. Komponen dasar yang terdapat pada silabus diantaranya materi, contoh kegiatan pembelajaran dan kompetensi dasar.

Dalam kaitannya dengan pembelajaran kepada peserta didik, diperlukan sebuah Pengembangan silabus. Pengembangan silabus dapat dilakukan oleh guru secara mandiri maupun secara berkelompok, atau juga bisa dikoordinasi oleh Dinas Pendidikan setempat.

Dengan melihat karakteristik siswa, kondisi sekolah dan kondisi lingkungannya maka diharapkan guru mampu mengembangkan silabus yang sesuai dengan kompetensi.

Apabila guru secara mandiri belum mampu menyusun silabus, maka pihak sekolah/madrasah dapat membantu dengan membentuk kelompok guru mata pelajaran yang sesuai bagi sekolah yang bersangkutan untuk mengembangkan silabus secara bersama-sama.

Namun apabila sekolah/madrasah juga belum mampu mengembangkan silabus secara mandiri, maka sekolah/madrasah dapat mengembangkannya bersama sekolah/madrasah lain. Hal ini bisa dilakukan melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) atau Kelompok Kerja Guru (KKG)


Untuk lebih lengkap dan lebih jelasnya tentang Silabus, KI, KD dan Contoh RPP mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dapat lihat dan pelajari pada halaman berikut. Bagi Anda menginginkan soft filenya bisa anda unduh pada link download di bawah ini.