Pengalaman Pertama Mendapat Uang 2 Juta Rupiah dari Internet Google Adsense

Pengalaman Pertama Mendapat Uang 2 Juta Rupiah dari Google Adsense. Kali ini Google benar-benar membuktikan kepada saya bahwa blog yang saya buat dan saya monetisasi telah memberikan sejumlah uang. Awalnya saya ragu apakah benar Google akan membayar dan mentransfer uang sejumlah yang tertera pada akun Google Adsense saya. Namun setelah sejumlah uang itu masuk secara otomatis ke rekening, saya baru percaya.

Meskipun penghasilan pertama saya sebagai blogger pemula belum seberapa dibandingkan dengan blogger sejati, maka saya tetap bersyukur dengan mendapat rezeki dari ngeblog. Blog yang saya daftarkan di Google Adsense dan sekarang menghasilkan uang tersebut berdomain blogspot. Kebetulan saya mempunyai beberapa blog berdomain blogspot, namun jarang update karena kesibukan di dunia nyata. (Untuk blog ini masih baru, jadi belum saya daftarkan di Google Adsense).

Sebelum akhirnya saya mendapatkan uang dari Google adsense, ada beberapa langkah yang pernah saya lakukan. Yang pertama setelah saya mempunyai akun Google Adsense yang disetujui oleh Google adalah melakukan verifikasi model/cara pembayaran yang akan dilakukan. Untuk kemudahan saya memilih dengan menggunakan transfer bank. dan ini memang sangat mudah, kita tinggal duduk manis saja uang sudah otomatis masuk ke rekening kita.

Cara Melakukan Verifikasi Rekening Bank untuk Pembayaran Google Adsense Terbaru 2017

Google Adsense menetapkan pembayaran dengan tiga metode yaitu, melalui Western Union, Wire Transfer, dan Standar Check. Namun dari ketiga metode tersebut, yang akan saya bahas hanya tentang Wire Transfer. Apa itu Wire Transfer? Wire transfer atau orang menyebutnya "transfer kawat" adalah kiriman uang atau transfer uang antar bank untuk negara yang berbeda. Google sendiri telah memudahkan pembayaran untuk negara Indonesia menggunakan IDR (dalam Rupiah) dengan metode Wire Transfer/ Transfer Kawat/ Transfer Bank.

Setelah saldo Google Adsense anda mencapai batas ambang pembayaran yaitu 1.300.000 IDR, anda akan disuruh menambahkan metode pembayaran untuk mencairkan pembayaran tersebut. Gunakanlah metode pembayaran dengan menggunakan Transfer Bank, kemudian isikan data rekening yang anda gunakan.

Langkah-langkah/cara menambahkan metode pembayaran dan verifikasi rekening bank untuk Google Adsense adalah sebagai berikut.

Pertama

Silahkan masuk ke akun Google Adsense anda. Selanjutnya pilih Setting >> Payments.


Kedua

Pilih Mengelola Metode Pembayaran, kemudian klik Tambahkan Metode Pembayaran.

Ketiga

Selanjutnya akan ditampilkan halaman pengisian informasi pengisian rekening bank yang akan anda gunakan. Isikan informasi rekening yang akan anda gunakan pada kolom yang telah disediakan.
  1. Isikan nama pada rekening bank anda,
  2. Isikan jenis bank yang anda gunakan (anda tinggal pilih sesuai dengan bank yang anda gunakan)
  3. Isikan nomor rekening anda (jangan sampai anda salah menuliskan nomor rekeningnya)
  4. kalau anda sudah yakin, selanjutnya klik SIMPAN (otomatis data rekening bank anda sudah terkirim ke Google Adsense).



Keempat

Setelah data rekening bank anda terkirim, Google Adsense dalam 2-3 hari akan mentransfer sejumlah uang yang nilainya antara Rp100 s.d Rp999 ke rekening bank anda. Hal ini dilakukan yang nantinya besaran rupiah yang google adsense transfer ke rekening bank anda akan digunakan sebagai kode verifikasi rekening bank yang anda ajukan.

Dalam kurun waktu tersebut anda harus rajin mengecek mutasi rekening anda. Apakah Google Adsense sudah mentransfer sejumlah uang ke rekening bank anda atau belum. Untuk lebih mudah dalam memantau mutasi rekening bank anda, gunakanlah aplikasi internet bangking. Sehingga kita tidak harus wira-wiri ke bank hanya untuk mengecek besaran transfer dari Google Adsense.

Dalam masa ini status rekening anda masih pending verification (verifikasi tertunda). Ini artinya rekening tersebut belum bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Untuk memverifikasi anda harus memasukkan tiga digit (antara 100 s.d 999) yang Google Adsense transfer ke rekening bank anda.



Apabila Google Adsense telah mentransfer sejumlah uang ke rekening bank anda, silahkan catat angka tiga digit nilai rupiah yang Google transfer. Kemudian isikan nominal tersebut pada kolom yang disediakan. Jangan sampai salah dalam memasukkan angkanya, anda hanya diberi kesempatan tiga kali salah. Jika anda melakukannya dengan benar maka akan ada pemberitahuan Rekening anda sudah diverifikasi dan siap digunakan.


Terakhir

Jika anda sudah berhasil menambahkan metode pembayarannya melalui transfer bank, maka rekening anda sudah siap digunakan untuk pembayaran Google Adsense. Siklus pembayaran AdSense adalah bulanan. Jadi perkiraan penghasilan Anda selama satu bulan akan dikumpulkan, selanjutnya pada awal bulan berikutnya, penghasilan Anda akan diselesaikan dan direkap ke saldo Anda di halaman "Transaksi".

Apabila dalam saldo Google Adsense Anda nominal rupiahnya melebihi syarat minimum pembayaran dan Anda tidak memiliki penangguhan pembayaran, maka Anda akan menerima pembayaran pada atau sekitar tanggal 21 dalam bulan tersebut. Jika dari pihak Google Adsense sudah mentransfer ke rekening Anda, maka akan ada pemberitahuan melalui email bahwa Google Adsense telah malkukan tranfser ke rekening Anda.

Pengalaman saya saat pertama kali mau menerima pembayaran dari Google Adsense (blog yang penulis monetisasi berdomain blogspot, dan blog yang berlevel TLD ini belum penulis daftarkan di Google Adsense karena umur blog yang masih baru), pembayaran dilakukan tanggal 21 Juli 2017.

Setelah selesai menyeting model pembayaran melalui Bank, saya mendapatkan email dari Google Adsense yang isinya sebagai berikut.


Setelah mendapat email tersebut, saya langsung mengecek saldo di rekening bank yang saya daftarkan melalui aplikasi m-banking ponsel saya. Dan ternyata saldo belum bertambah juga. Yah... mungkin harus menunggu maksimal 5 hari dari pengiriman email Google. Kebetulan setelah tanggal 21 jatuh pada hari Sabtu dan Minggu maka penulis berkeyakinan, saldo akan dikirim saat jam kerja yaitu hari Senin .tanggal 24 Juli 2017.

Dan ternyata benar, hari Senin tanggal 24 Juli 2017 pukul 12.30 WIB handphone saya berdering mendapat pemberitahuan dari m-banking bahwa telah terjadi penambahan saldo. Setelah saya cek ternyata memang dari Google Adsense. Alhamdulillah ternyata benar adanya, jadi Google benar-benar membayar saya sesuai dengan nominal yang tertera di Google Adsense.

Demikian sedikit pengalaman saya mendapat uang pertama dari internet yaitu melalui Google Adsense.





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengalaman Pertama Mendapat Uang 2 Juta Rupiah dari Internet Google Adsense"

Post a Comment