Juknis PPDB untuk Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Tahun Pelajaran 2017/2018


Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) tahun 2017/2018 akan segera dimulai. Meskipun banyak juga sekolah atau madrasah yang sudah melaksanakan Penerimaan Peserta Didik Baru. Dan sekolah-sekolah tersebut sudah mempunyai calon peserta didik baru yang berkualitas sesuai yang diharapkan oleh sekolah atau madrasah yang bersangkutan. 

Dalam pelaksanaannya, Sekolah atau Madrasah perlu kiranya mempunyai panduan pelaksanaan dan landasan hukum yang jelas. Agar di kemudian hari jika ada masalah yang berkaitan dengan PPDB maka permasalahan itu dikembalikan kepada dasar hukum yang sah.  Dalam hal ini dasar hukumnya adalah Juknis atau Pedoman PPDB yang dikeluarkan oleh Dirjen Pendis Kemenag.

Juknis atau Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2017-2018 pada madrasah (RA, MI, MTs, MA, MAK) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama sudah diterbitkan. Berikut ini ulasan dari Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru tersebut.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, MA mengungkapkan Penyelenggaraan pendidikan diawali dengan kegiatan penerimaan peserta didik baru (PPDB). PPDB merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh satuan lembaga pendidikan. Penerimaan peserta didik baru pada Madrasah perlu dilakukan secara objektif, akuntabel, transparan dan tidak diskriminatif.


DASAR SELEKSI,PERPINDAHAN,TATA CARA PENDAFTARAN, TEMPAT PENDAFTARAN, DAN JADWAL PENDAFTARAN DAN SELEKSI

Madrasah Ibtidaiyah (MI):

Madrasah Tsanawiyah (MTs):

Madrasah Aliyah (MA)

Jadwal Pendaftaran dan Seleksi


Penerimaan peserta didik baru dilaksanakan oleh madrasah dengan memperhatikan kalender pendidikan melalui tahapan pemberitahuan ke masyarakat, pendaftaran, pengumuman peserta didik baru yang diterima, dan pendaftaran ulang.



Selengkapnya tentang pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), silahkan unduh Pedoman PPDB pada madrasah RA, MI, MTs, MA, dan MAK tahun pelajaran 2017-2018 pada link download di bawah ini. 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juknis PPDB untuk Madrasah (RA MI MTS MA MAK) Tahun Pelajaran 2017/2018"

Post a Comment