Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download SILABUS, KI, KD dan Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMP/MTs Edisi Revisi 2017



Secara umum tujuan dari mata pelajaran Bahasa Indonesia pada Kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah supaya peserta didik mampu membaca (reading), mendengarkan (hearing), memirsa (viewing), menulis dan berbicara.

Ada tiga lingkup materi yang saling berhubungan dan saling mendukung untuk mengembangkan kompetensi dasa. Ketiga hal lingkup materi tersebut diantanya adalah:
1. Bahasa; meliputi pengetahuan tentang Bahasa Indonesia
2. Sastra; terdiri dari pemahaman, apresiasi, tanggapan, analisis, dan penciptaan karya sastra
3. Literasi; terdiri dari perluasan kompetensi berbahasa Indonesia dalam berbagai tujuan, khususnya yang berkaitan dengan membaca dan menulis.

Penyusunan Silabus dilakukan  dengan format dan penyajian yang sederhana. Dengan demikian silabus akan lebih mudah untuk dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Dengan format yang sederhana maka penyajian akan lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman tetapi tidak mengurangi inti dan substansi. Meskipun demikian tetap harus mempertimbangkan urutan materi dan kompetensi.
Dalam melakukan pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia seorang guru harus memiliki dan memahami silabusnya. Guru dapat membina dan mengembangkan pengetahuan, komunikasi, keterampilan, sikap yang diperlukan peserta didik dalam menempuh pendidikan, dalam lingkup hidup di masyarakat, dan berkecakapan dalam dunia kerja.


Untuk mencapai Kompetensi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial pada peserta didik  dilakukan dengan pembelajaran tidak langsung yaitu, pembiasaan, keteladanan, dan budaya sekolah. Namun tetap memperhatikan karakteristik mapel serta melihat kondisi dan kebutuhan peserta didik. Selanjutnya untuk Kompetensi Pengetahuan dan Keterampilan dirinci lebih lanjut pada Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran.

Selengkapnya tentang SILABUS, KI, KD, dan Contoh RPP mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, dan 9 SMP/MTs berdasarkan edisi revisi tahun 2017 silahkan lihat dan pelajari pada halaman berikut. Bagi yang membutuhkan filenya silahkan unduh melalui link download di bawah ini.