Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengumuman Hasil Kelulusan UNBK UN USBN SMP MTs SMA MA SMK Tahun 2017

Dari data di ubk.kemdikbud.go.id tahun 2017 menunjukkan bahwa hampir seluruh Provinsi sudah menerapkan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) sebagai pelaksanaan Ujian Nasional. Tercatat provinsi yang sudah 100% menggunakan UNBK adalah DKI Jakarta dan DIY Yogyakarta. Sedangkan untuk Provinsi yang lain masih sebagian saja. Kedepannya secara bertahap seluruh Sekolah di Indonesia akan menerapkan ujian nasional dengan sistem UNBK.

Dari data kemdikbud.go.id menunjukan sekolah yang ada di Indonesia terdiri dari 11.096 sekolah SMP/MTS,  9.652 SMA/MA, 9.829 SMK, sehingga total ada 30.577 sekolah di Indonesia.

Pelaksanaan UN tahun ini merupakan tahun yang istimewa. UN dan UNBK diikuti oleh seluruh siswa jenjang akhir tiap satuan pendidikan.  Meskipun berstandar nasional, sistem ujian dan penetapan kelulusan dikembalikan kepada sekolah masing-masing. Sehingga dengan hal tersebut, siswa tidak memiliki beban terlalu besar dalam menghadapi UNBK seperti beberapa tahun silam dimana ujian nasional menjadi penentu kelulusan 100%.


Sekolah merupakan proses pembelajaran bukan tolok ukur pada hasil, perubahan ini akan memberikan dampak baik bagi sekolah ataupun siswa.  Namun demikian hasil UN dan UNBK tetap menjadi penting karena digunakan sebagai salah satu syarat mendaftar sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Cara mengakses pengumuman UNBK

Pelaksanaan pengumuman secara resmi dilakukan oleh masing-masing sekolah yang bersangkutan. Selain itu informasi Pengumuman Hasil Kelulusan UNBK UN USBN SMP MTs SMA MA SMK Tahun 2017 dapat diakses melalui internet yaitu pada situs resmi pemerintah yaitu Kemdikbud.

Berikut ini kami berikan uraian mengenai Pengumuman UNBK

1. Pengumuman UNBK SMA/SMK/MA

Pengumuman UNBK untuk SMA/MA/SMK dilaksanakan melalui situs resmi sekolah dan secara langsung oleh sekolah. Akan tetapi siswa juga dapat mengakses hasil UN melalui situs resmi kemendikbud untuk hasil pengumuman melalui situs resmi http://un.kemdikbud.go.id/.

2. Pengumuman UNBK SMP/MTS

Untuk mengakses pelaksanaan UNBK SMP/MTs dilakukan melalui situs resmi sekolah atau pengumuman langsung dari sekolah masing-masing. Pengumuman juga bisa diakses melalui situs resmi kemendikbud di http://un.kemdikbud.go.id/.

3. Pengumuman USBN

Untuk USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) berbeda dengan UNBK karena USBN dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah masing-masing. Sehingga pengumuman USBN dapat diakses langsung lewat situs resmi sekolah masing-masing atau Dinas Pendidikan Pemerintah Daerah masing-masing.

Bagi yang ingin mengunduh pengumuman Hasil Ujian Nasional SMP/MTs SMA/MA dan SMK silahkan klik link di bawah ini.

Cek dan Download Hasil Nilai UN SMP/MTS SMA/MA SMK Seluruh Indonesia

Berikut ini jadwal pengumuman UN SMP MTs SMA MA SMK secara lengkap dari proses awal yaitu pemindaian, Skoring, Pengiriman data hasil UN ke tiap provinsi, dan Pengumuman kelulusan dari satuan pendidikan. Pengumuman dari satuan pendidikan dilakukan secara resmi oleh masing-masing sekolah yang bersangkutan.
KEGIATAN
SMA Sederajat
SMP Sederajat
PemindaianSMK/MAK:
4-9 April 2017
SMA/MA:
10-20 April 2017
Susulan
17-20 April 2017
Utama:
3-17 Mei 2017
Susulan:
22-25 Mei 2017
Batas akhir pengiriman nilai kompetensi (SMK/MAK)21 April 2017-
Batas akhir pengiriman hasil pemindaian ke Panitia UN PusatSMK/MAK:
11 April 2017
SMA/MA:
21 April 2017
Susulan :
21 April 2017
Utama:
18 Mei 2017
Susulan:
26 Mei 2017
Skoring11 – 26 April 201718 – 26 Mei 2017
Pengiriman Data Hasil UN ke Provinsi27 April 201727 Mei 2017
Pengumuman Kelulusan dari Satuan Pendidikan2 Mei 20172 Juni 2017

Demikian informasi tentang pengumuma UNBK SMP/MTs SMA/MA dan SMK.